Zona Integritas Badan Litbangkes

May 16, 2018

PENCANANGAN ZONA INTEGRITAS BADAN LITBANGKES

Pencanangan Pembangunan Zona Integritas di Badan Litbangkes merupakan penguatan dari komitmen bersama yang sebelumnya pernah dilakukan oleh Kepala Badan Litbangkes beserta seluruh jajarannya pada tahun 2015 untuk mewujudkan wilayah bebas dari korupsi (WBK) di lingkungan Badan Litbangkes.

Beberapa upaya untuk menuju Satker WBK telah dilakukan oleh Badan Litbangkes, dan secara konkret telah dilaksanakan program Reformasi Biokrasi pada unit kerja di lingkungan Badan Litbangkes. Proses pembangunan zona integritas difokuskan pada penerapan program Manajemen Perubahan, Penataan Tata Laksana, Penataan Manajemen SDM, Penguatan Pengawasan, Penguatan Akuntabilitas Kinerja, dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik yang bersifat konkret sesuai tugas dan fungsi Badan Litbangkes sebagaimana diamanatkan dalam Permenkes no 64 tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Kesehatan dan Permenkes no 65 tahun 2017 tentang Organisasi dan Tata Kerja UPT di lingkungan Badan Litbangkes.

Dalam membangun zona integritas, Kepala Badan Litbangkes telah menetapkan 6 satuan kerja untuk diusulkan sebagai Satker Wilayah Bebas dari Korupsi pada tahun 2018, yaitu Sekretariat Badan Litbangkes, Puslitbang Upaya Kesehatan Masyarakat, Balai Besar Litbang Tanaman Obat dan Obat Tradisional, Balai Besar Litbang Vektor dan Reservoar Penyakit, Balai Litbangkes Papua dan Balai Litbangkes Aceh.

Pada kurun waktu tahun 2015-2017 tiga saker telah berhasil mendapatkan predikat WBK yaitu Balai Litbang Kesehatan Donggala, Balai Litbang Kesehatan Banjarnegara dan Balai Litbang Kesehatan Magelang.

laporan kinerja laporan kinerja
Riset Kesehatan Nasional

Riset Kesehatan Nasional (Riskesnas) yang dilaksanakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan terdiri dari 3 kegiatan:

  1. Survey Kesehatan Nasional (Surkesnas)
  2. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas)
  3. Riset Fasilitas Kesehatan (Rifaskes)
  4. Riset Khusus (Rikhus)

Lihat Selengkapnya

Riset Pembinaan

Riset Pembinaan merupakan bentuk implementasi pembinaan bagi peneliti. Terdiri dari 2 kegiatan:

  1. Riset Pembinaan Kesehatan (Risbinkes)
  2. Riset Pembinaan Iptek Kedokteran (Risbin Iptekdok)

Lihat Selengkapnya

Riset Lainnya

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan juga melaksanakan kegiatan riset lainnya, seperti:

  1. Riset Penanggulangan Daerah Bermasalah Kesehatan (PDBK)
  2. Riset Saintifikasi Jamu
  3. Riset Tematik

Lihat Selengkapnya