Ziarah Makam, Obati Rindu akan Sosok Menkes Endang

946

Karawang – Tujuh tahun silam, tepatnya pada 26 April 2012, Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih secara resmi mengundurkan diri dari Kabinet Indonesia Bersatu II. Pengunduran dirinya terkait dengan penyakit yang diderita. Sepekan setelah pengumuman pengunduran dirinya, Alm. Endang menghembuskan nafas terakhir.

“Tidak terasa kurang lebih sudah 7 tahun Alm. Ibu Endang meninggalkan kita, tepatnya pada tanggal 2 Mei 2012”, ujar Irmansyah selaku Kepala Puslitbang Sumber Daya dan Pelayanan Kesehatan, mewakili Kepala Badan Litbangkes saat memberikan sambutan pada kegiatan Tabur Bunga di TPU San Diego Hills, Karawang (05/11/2019).

Wafat pada usia 57 tahun, sosok Alm. Endang sangat lekat dengan institusi Badan Litbangkes. Lebih dari satu dekade lamanya Alm. Endang mengabdikan diri sebagai peneliti di Badan Litbangkes sebelum menjabat sebagai Menteri Kesehatan.

“Keberadaan kita disini untuk menghilangkan kerinduan akan kehadiran sosok Alm. Ibu Endang, sekaligus membuktikan cinta kita kepada almarhumah”, kata Irmansyah.

Lebih lanjut Irmansyah juga mengatakan jika ada pelajaran yang dapat dipetik dari kegiatan ini, yakni menjadi pengingat bahwa cepat atau lambat semua akan mengalami hal yang sama. 

“Kematian merupakan suatu kepastian yang tidak dapat dihindari oleh setiap manusia yang hidup di dunia ini. Waktu yang terus bergulir dan usia yang bertambah telah mendekatkan kita pada titik akhir kehidupan”, ujarnya.

Irmansyah memimpin langsung prosesi Tabur Bunga yang telah menjadi agenda rutin Kementerian Kesehatan tiap tahunnya. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 tahun 2019. Ziarah nasional ke makam para pahlawan ini dilaksanakan secara serentak di empat lokasi, yaitu 3 lokasi di Jakarta (TPU Kalibata, Ancol, dan Pondok Kopi) dan 1 lokasi di Karawang. (Ripsi)