Yuk sukseskan program vaksinasi Covid-19 !!!

153

(Salatiga-28/01/2021) Vaksinasi membantu sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi. Program vaksinasi secara nasional akan membantu membentuk kekebalan komunitas sehingga Indonesia terbebas dari pandemi. Vaksin Covid-19 yang digunakan dalam program ini merupakan produksi Sinovac Life Science Ltd China dan PT BioFarma (Persero). Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menerbitkan ijin penggunaan darurat/ Emergency Use Authorization (EUA) disusul dengan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) No. 2 Tahun 2021 yang menyatakan bahwa vaksin tersebut suci, halal, dan boleh digunakan untuk umat Islam sepanjang terjamin keamanannya menurut ahli yang kredibel dan kompeten.

Program vaksinasi Covid-19 sudah dimulai pada bulan Januari 2021. B2P2VRP mendapat kesempatan untuk mengikuti periode pertama vaksinasi yang secara nasional dijadwalkan pada bulan Januari hingga April 2021. Periode pertama vaksinasi ditargetkan untuk petugas kesehatan dan petugas publik yang ada di 34 provinsi. Bagi masyarakat umum, jangan khawatir. Vaksinasi periode kedua akan berlangsung mulai April tahun ini sampai dengan Maret 2022 hingga menjangkau 181,5 juta penduduk Indonesia.

Dalam prosesya, ada beberapa tahapan yang harus dilewati para calon penerima vaksin. Pertama, peserta melakukan pendaftaran dan verifikasi data di masing-masing fasilias kesehatan (faskes) yang terdaftar. kebetulan bagai seluruh  pegawai B2P2VRP Salatiga, pelaksanaan vaksinasi dilakukan di Rumah Sakit Paru Ario Wirawan (RSPAW). Petugas memastikan data peserta sesuai dengan KTP peserta. Selanjutnya peserta di arahkan ke meja pemeriksaan kesehatan. disana petugas kesehatan melakukan anamnesa untuk melihat kondisi kesehatan dan mengidentifikasi kondisi penyerta (komorbid) serta melakukan pemeriksaan fisik sederhana. Pemeriksaan meliputi suhu tubuh dan tekanan darah. Perlu diketahui vaksinasi tidak diberikan pada mereka yang memiliki riwayat konfirmasi Covid-19, wanita hamil, menyusui, usia di bawah 18 tahun dan beberapa kondisi komorbid. Setelah dilakukan skrining data oleh petugas, nanti petugas akan mengeluarkan rekomendasi apakah peserta bisa lanjut di vaksin atau harus di tunda terlebih dahulu sampai batas waktu yang ditentukan.

Jadi, sudah yakin dong akan keamanan dan kehalalan vaksin Covid-19??!! (Suraj)

Sumber : http://www.b2p2vrp.litbang.kemkes.go.id/berita/baca/384/Yuk-sukseskan-program-vaksinasi-Covid-19-.html