Workshop Pelatih Nasional Riskesdas 2018 Resmi Digelar

350

Workshop Pelatih Nasional Riskesdas 2018 resmi dibuka pada Senin malam (19/2) oleh Kepala Badan Litbangkes, dr. Siswanto, MHP, DTM. Workshop yang akan dihelat selama sembilan hari dari tanggal 19-27 Februari 2018 di Hotel Harris Summarecon Bekasi ini diikuti oleh 371 calon pelatih nasional dari seluruh provinsi, dimana 318 orang diantaranya dipilih melalui proses seleksi ketat, dari seleksi administrasi, psikotest dan wawancara.

Tujuan terselenggaranya workshop ini agar pelatih nasional mampu mentransfer segala pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan kepada enumerator atau pengumpul data lapangan. Penguasaan pelatih nasional terhadap kuesioner dan pedoman kuesioner itu mutlak agar tidak terjadi degradasi penyampaian informasi.

“Pelatih nasional ini sangat penting karena mereka akan mengukur pencapaian indikator SDGs, pencapaian Standar Pelayanan Minimal Kesehatan dan pencapaian RPJMN termasuk Renstra didalamnya” ungkap Siswanto dalam arahannya.

Menurut Siswanto juga jika dilihat dari sisi manfaat, hasil Riskesdas ini akan dijadikan masukan dalam penyusunan RPJMN tahun 2020-2024. Integrasi Riskesdas dan Susenas juga masuk dalam program Prioritas Nasional yang diawasi langsung oleh Bappenas, TNP2K dan Kantor Staf Kepresidenan (KSP).

Workshop terhadap pelatih ini merupakan yang pertama dalam sejarah pelaksanaan Riskesdas, karena sebelumnya yang menjadi pelatih adalah Penanggung Jawab Teknis (PJT) Kab/kota dan Provinsi. Riskesdas 2018 ini juga pertama kali yang terintegrasi dengan Susenas dan bekerja sama dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI).

Kegiatan worksop merupakan tahapan kedua dari rangkaian kegiatan Riskesdas setelah Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) tingkat Pusat dan Provinsi yang telah dihelat pada bulan Januari yang lalu. Workshop ini juga dihadiri oleh tim validator dari Asosiasi Peneliti Kesehatan Indonesia (APKESI) yang akan mengikuti seluruh rangkaian proses kegiatan.

Mari sukseskan Riskesdas 2018, demi Indonesia Sehat dan Sejahtera. (NF/AF)