Vaksinasi Booster di Kawasan BRIN Pasar Jumat Berlangsung Lancar

379

Jakarta – Kementerian Kesehatan terus meningkatkan upaya pencegahan penularan dan pengurangan kematian akibat Covid-19. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan program vaksinasi booster di Kementerian/Lembaga. Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan secara serentak, memfasilitasi vaksinasi booster Covid-19 di Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) pada  3 lokasi, yaitu di Kantor Pusat Thamrin, Kantor Ex.LIPI Gatot Subroto dan Kawasan BRIN Pasar Jumat (15/2/2022).

Pelaksanaan vaksinasi booster Covid-19 di Kawasan BRIN Pasar Jumat menyasar sedikitnya 700 orang pegawai yang sudah mendapatkan dosis primer Sinovac atau Astrazeneca. Para pegawai akan menerima vaksin Astrazeneca setengah dosis, jika dosis primernya adalah Sinovac. Bagi pegawai yang mendapatkan dosis primer Astrazeneca akan menerima suntikan booster Astrazeneca dosis penuh. “Sudah dicatat pada saat registrasi di depan apakah sasaran ini primernya  Sinovac atau AZ, sehingga memudahkan tenaga medis didalam untuk menentukan apakah penerima akan diberikan half dose maupun full dose,”terang dokter Yasinta dari Puskesmas Kecamatan Cilandak.

Lebih lanjut Dokter Yasinta menuturkan perencanaan pembuangan limbah medis juga sudah direncanakan dengan baik. Limbah medis akan di gabungkan menjadi satu di BRIN Kawasan Thamrin sebagai titik akhir, sebelum dibuang ke tempat pembuangan khusus. Limbah non infeksius dibuang menggunakan plastik hitam, limbah medis menggunakan plastik kuning, dan limbah suntik menggunakan kotak pengaman. Pada akhir kegiatan, akan dilakukan pemilahan limbah dengan benar, kemudian limbah-limbah ini akan diantar ke Thamrin dan dibuang bersama-sama dengan limbah suntik dari Thamrin dan Gatot Subroto.

Pada kesempatan ini hadir perwakilan dari Kementerian Kesehatan Kepala Pusat Kebijakan Sistem Ketahanan Kesehatan dan Sumber Daya Kesehatan, I Gede Made Wirabrata. “Pelaksanaan vaksinasi booster berlangsung lancar dan dipersiapkan dengan baik. Alur vaksinasi sudah tidak ada hambatan, internet yang digunakan untuk mengakses Pcare juga lancar.  Juga dukungan logistik dan vaksinator yang luar biasa semangatnya untuk membantu kelancaran kegiatan vaksinasi di BRIN, ”tutur Wirabrata.

Kelancaran pelaksaan vaksinasi booster di BRIN Kawasan Pasar Jumat terselenggara atas kerjasama Kementerian Kesehatan, BRIN, Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Selatan, Puskesmas Cilandak, dan Rumah Sakit Prikasih.

Penulis berita: Ully Adhie Mulyani, Penyunting: Dian Widiati