Usulan Balitbangkes dalam Percepatan Penanganan 3 Masalah Kesehatan Prioritas

551

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan dr. Siswanto, MPH, DTM dalam paparannya di Pra-Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Rakerkesnas) Tahun 2018 (5 Maret 2018) mengangkat beberapa usulan terkait percepatan eliminasi tuberkulosis, imunisasi dan penanganan stunting. Usulan ini diharapkan menjadi bahan pertimbangan bagi pemangku kebijakan terutama di bidang kesehatan.

Dalam hal percepatan eliminasi tuberkulosis, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan mengusulkan adanya peningkatan detection rate melalui ACD; Menyelesaikan under-reporting pengobatan tuberkulosis dengan penguatan PPM; Meningkatkan kepatuhan pengobatan tuberkulosis; Perbaikan sistem deteksi MDR-TB (klinik MDR TB dan jejaringnya) dan akses terapi TB MDR;  Edukasi tuberkulosis pada masyarakat dan perbaikan perumahan ; dan yang terakhir adalah pemenuhan tenaga analis.

Sedangkan untuk penajaman program imunisasi, Siswanto mengusulkan peningkatan cakupan imunisasi; peningkatan kualitas imunisasi; edukasi kepada masyarakat dan advokasi kepada pimpinan wilayah; dan melakukan upaya pembangunan sistem surveilans yang kuat untuk deteksi kejadian PD3I.

Untuk penanganan stunting perlu perbaikan kebijakan dalam beberapa bagian, yaitu semua intervensi dikaitkan dengan PIS-PK; penetapan indikator yang jelas terkait indikator program intervensi gizi spesifik; penetapan indkator yang jelas terkait indikator program intervensi gizi spesifik; dan sinergi lokus untuk intervensi spesifik dan intervensi sensitif pada 100 kab/kota.

Sebagai penutup Siswanto menyimpulkan bahwa penting sekali untuk mengukur dampak ketiga hal tersebut secara keseluruhan di masyarakat dan solusi untuk penajaman ada pada perbaikan di proses dan perbaikan di input. (Chand)