Upaya Wujudkan One Data

133

Bali – Masih dalam rangkaian acara Hakteknas, Kemenristekdikti mengadakan Seminar Nasional Integrasi Data Riset untuk Mendorong Pengembangan Iptek Nasional (26/08). Turut hadir dalam acara Balitbang seluruh Kementerian, Balitbang Daerah serta lembaga riset swasta.

Seperti diketahui, terbitnya UU no. 11 tahun 2019 tentang Sistem Nasional Iptek yang baru saja disahkan oleh DPR RI, mendorong terwujudnya integrasi seluruh data riset dan iptek dari seluruh lembaga litbang baik itu dari pemerintah maupun swasta yang berasal dari pendanaan APBN maupun non APBN yang penelitiannya dilakukan di wilayah Indonesia menjadi satu One Big Data.

Kedepannya, hasil riset dan iptek menjadi satu-satunya bahan bagi pemerintah pusat untuk menentukan arah kebijakan yang dapat digunakan bagi pembangunan nasional. Tentunya ini menjadi tantangan bagi para peneliti, perekayasa, dan pengkaji untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas riset dan iptek menjadi lebih baik.

Pada acara ini, diberikan penghargaan bagi instansi penelitian yang berpartisipasi secara aktif dalam pengisian data Iptek. Badan Litbang Kesehatan menjadi salah satu dari 11 instansi yang memperoleh penghargaan tersebut, diwakili oleh Kepala Bagian Umum, Dokumentasi dan Jejaring, Sekretariat Badan Litbangkes.

Diharapkan dari seminar ini, diperoleh pemahaman yang sama tentang integrasi data. Agar dapat secara berkala menyerahkan data riset dan iptek untuk pembangunan nasional. Hidup Dunia Riset Indonesia. (AF)