Uji Coba Rifaskes Jelang UHC 2019

Dec 28, 2018

Cirebon – Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan lakukan uji coba Riset Fasilitas Kesehatan (Rifaskes) di Cirebon (13-22/12). Pada tahun 2019 mendatang, Rifaskes akan dilaksanakan dalam rangka evaluasi program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).  “Rifaskes 2019 mengambil tema riset evaluatif JKN dalam menghadapi Universal Health Coverage (UHC) 2019.”, jelas Harimat Hendarwan, Ketua Tim Teknis Rifaskes.

Uji coba ini penting dilakukan untuk mendapatkan metodologi pengumpulan data yang efektif dan efisien, menilai fisibilitas dan lama waktu wawancara dalam pelaksanaan riset level nasional ini. Bertempat di 17 lokus yang tersebar di Kota dan Kabupaten Cirebon, kegiatan ini meliputi workshop enumerator, pengumpulan data (puldat) di lapangan dan evaluasi.

“Kami memilih di Kabupaten dan Kota Cirebon karena kedua lokasi ini aksesnya cukup mudah dari Jakarta, masih di Jawa Barat”, terang Yuyun Yuniar, salah satu koordinator pelaksanaan uji coba ini. Alasan lainnya adalah pencapaian Kota Cirebon atas target UHC JKN, yakni 99%.

Terdapat 3 tahapan kegiatan uji coba yaitu persiapan lapangan, pengumpulan data, evaluasi dan penyusunan laporan. Persiapan lapangan terdiri dari pengurusan ijin dan koordinasi awal, persiapan logistik dan pemahaman kuesioner yang dilakukan selama  empat hari (13-16/12). Adapun pengumpulan data dilakukan di fasilitas kesehatan dan dinas kesehatan selama enam hari (17-22/12).

Sampel uji coba rifaskes mencakup fasilitas kesehatan pemerintah dan swasta serta dinas kesehatan yakni RSUD Waled, RS Sumber Kasih (swasta), RS Pertamina (swasta), Puskesmas Sumber, Klinik Megu Sehat, Puskesmas Watu Belah, Praktek Bidan Nunung, Puskesmas Kejaksan, Laboratorium Pramita, Puskesmas Jagasatru, Apotek Sanafarma, Puskesmas Kalitanjung, Praktek Dokter Yati Hayati, Dinas Kesehatan Kota Cirebon, Apotek Kimia Farma, Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon dan Laboratorium Prodia.

Selama pengumpulan data oleh enumerator, tim teknis dan tim manajemen turut mengamati dan mencatat proses pengumpulan data. Evaluasi langsung dilakukan di hari yang sama, terutama terkait perbaikan instrumen, metodologi dan manajemen.

Secara umum, data yang dikumpulkan meliputi data umum fasilitas dan sarana, kebijakan dan manajerial, ketenagaan, sistem informasi, pengelolaan obat dan alat kesehatan, pelayanan medis, pembiayaan dan kepesertaan. Seluruh data ini diharapkan dapat menjawab tujuan umum Rifaskes 2019 yakni menghasilkan rekomendasi untuk penguatan pencapaian pelayanan kesehatan semesta dan perbaikan pelaksanaan JKN.

Hasil Rifaskes 2019 ini selain ditunggu sebagai bahan evaluasi JKN, pun telah dinanti oleh Bappenas sebagai salah satu bahan masukan RPJMN 2020-2024. (novi)

laporan kinerja laporan kinerja
Riset Kesehatan Nasional

Riset Kesehatan Nasional (Riskesnas) yang dilaksanakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan terdiri dari 3 kegiatan:

  1. Survey Kesehatan Nasional (Surkesnas)
  2. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas)
  3. Riset Fasilitas Kesehatan (Rifaskes)
  4. Riset Khusus (Rikhus)

Lihat Selengkapnya

Riset Pembinaan

Riset Pembinaan merupakan bentuk implementasi pembinaan bagi peneliti. Terdiri dari 2 kegiatan:

  1. Riset Pembinaan Kesehatan (Risbinkes)
  2. Riset Pembinaan Iptek Kedokteran (Risbin Iptekdok)

Lihat Selengkapnya

Riset Lainnya

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan juga melaksanakan kegiatan riset lainnya, seperti:

  1. Riset Penanggulangan Daerah Bermasalah Kesehatan (PDBK)
  2. Riset Saintifikasi Jamu
  3. Riset Tematik

Lihat Selengkapnya