Transformasi Badan Litbangkes Menuju BKPK

195

Bogor – Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Badan Litbangkes) menyelenggarakan Lokakarya Nasional Jaringan Perpustakaan, Literatur dan Informasi Kesehatan tahun 2021 di Bogor (23/09/2021). Kerjasama Penyediaan Informasi Kesehatan dalam Mendukung Penyusunan Rekomendasi Kebijakan Kesehatan  merupakan tema yang diusung dalam lokakarya nasional ini.   Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemanfaatan bersama sumber informasi kesehatan dan peningkatan strategi penelusuran informasi.  

Sekretaris Badan Litbangkes, Nana Mulyana, mewakili Plt. Kepala Badan Litbangkes memberikan sambutan dan membuka pertemuan ini secara resmi. Dalam sambutannya, Nana menyampaikan bahwa ke depannya Badan Litbangkes akan bertransformasi  menjadi Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan (BKPK). BKPK mempunyai tugas melaksanakan perumusan dan pemberian rekomendasi pembangunan Kesehatan.

“Ada gap dalam proses kebijakan sehingga perlu institusi yang mengisi gap tersebut yakni fungsi memperkuat formulasi kebijakan, mengawal,  dan mengevaluasi”, papar Nana.

Prof. Laksono, salah seorang narasumber dalam kegiatan ini menegaskan bahwa terdapat perbedaan penelitian yang dilakukan antara BKPK dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). BRIN lebih kepada kebijakan penelitian, sedangkan BKPK lebih ke kebijakan pembangunan Kesehatan. Riset monitoring dan evaluasi efektifitas dilakukan oleh BKPK. Kegiatan yang berlangsung secara daring maupun luring ini dihadiri oleh pengelola perpustakaan yang tergabung dalam Jaringan Perpustakaan, Literatur dan Informasi Kesehatan. Kegiatan yang berlangsung secara luring dilakukan dengan menerapkan protokol Kesehatan. (Evi Suryani)