Sumpah Jabatan Fungsional Peneliti Ahli Utama di Lingkungan Badan Litbangkes

549

Jakarta – Pejabat fungsional peneliti mempunyai peranan yang sangat besar dan strategis dalam mendukung peningkatan mutu penelitian dan/atau pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Demikian sambutan kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan saat pengambilan Sumpah Jabatan Fungsional Peneliti Ahli Utama yang dilaksanakan di Sekretariat Badan Litbangkes Jl. Percetakan Negara no 29 Jakarta pada tanggal 1 Februari 2018.

Dalam kegiatan tersebut Pegawai Negeri Sipil yang mengangkat sumpah adalah Sri Irianti, SKM., M.Phil., Ph.D dengan kepakaran sanitasi dan Dr. Ekowati Rahajeng, SKM., M.Kes dengan kepakaran epidemiologi, disaksikan oleh Prof. Dr. Drs. Sudibyo Soepardi, Apt., M.Kes dan Drg. Agus Suprapto, M.Kes. Dengan demikian saat ini peneliti ahli utama di Badan Litbangkes bertambah menjadi 17 orang. Hadir dalam kegiatan tersebut Dr. Nana Mulyana selaku Sekretaris Badan Litbangkes, Sugianto, SKM, MSc.PH selaku Kepala Pusat Humaniora dan Manajemen Kesehatan, Heri Radison, SKM, MKM dari Inspektorat III Kementerian Kesehatan RI, serta tamu undangan lain.

Menurut Siswanto, peneliti adalah insan yang memiliki kepakaran yang diakui dalam bidang keilmuan yang bertugas melakukan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu beliau mendorong agar segera meraih gelar tertinggi sebagai profesor riset dengan memahami dan menjunjung tinggi tiga pilar kode etika ilmu pengetahuan, yaitu kode etika peneliti, etika penelitian kesehatan, dan kode etika publikasi ilmiah. (Chan)