Siswanto: Penelitian Badan Litbangkes Harus Client Oriented

709

Jakarta – “Penelitian di Badan Litbangkes harus client oriented” berikut kutipan arahan Kepala Badan Litbangkes, dr. Siswanto, MHP, DTM saat membuka secara resmi kegiatan Seminar Proposal Penelitian Bidang Badan Litbangkes Tahun 2019 di Hotel Oasis Amir Jakarta (27/6). Menurut Siswanto, client oriented research akan sangat baik jika sebelum penyusunan proposal, para peneliti bertemu dan koordinasi dengan client untuk bersama-sama menentukan rumusan/pokok permasalahan untuk kemudian dituangkan dalam proposal penelitian. “Jika pokok masalah kita tentukan bersama, maka hasil penelitian kita pasti akan digunakan client dalam menentukan program/kebijakan” lanjut Siswanto.

Dalam menjalankan fungsi penunjang, Badan Litbangkes salah satunya yaitu memberikan hasil penelitian berupa informasi dan inovasi pada program kemenkes berdasarkan hasil penelitian berbasis bukti (evidence based) dan penelitian yang baik dimulai dari perencanaan penelitian yang baik pula. Oleh karena ini pada kegiatan seminar proposal ini, sebanyak 61 proposal penelitian dari semua satuan kerja Badan Litbangkes di reviu untuk mendapatkan masukan baik terkait substansi maupun metodologi. Reviewer dalam hal ini adalah para pakar dari akademisi, lembaga penelitian, profesor riset dan pemangku kebijakan/program di Kementerian Kesehatan. Dalam proses reviu ini dilakukan pengelompokkan sesuai dengan lingkup bidang keilmuan yang dikoordinatori oleh para kepala pusat dan balai besar di lingkungan Badan Litbangkes.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 4 hari dari tanggal 27-30 Juni 2018 ini dihadiri Sekretaris Badan Litbangkes, para kepala satuan kerja di lingkungan Badan Litbangkes, para pakar dan peneliti Badan Litbangkes. Selain reviu terkait substansi dan metodologi, dalam pertemuan kali ini juga dilakukan reviu anggaran penelitian oleh masing-masing satuan kerja dengan koordinator Bagian Program dan Informasi Sekretariat Badan Litbangkes. (NF)