Semua Harus Sukseskan Imunisasi MR

305

Gorontalo – Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie melakukan pencanangan imunisasi MR di GPCC Kota Gorontalo (1/8). Dalam pernyataannya, Rusli memerintahkan seluruh komponen di wilayahnya untuk menyukseskan imunisasi MR ini.

“Kita tidak bekerja sendiri-sendiri, kita harus keroyok dan semua komponen yang ada kita kerahkan” tegas Rusli. Lebih lanjut ia mengingatkan agar berhati-hati dan mewaspadai vaksin palsu. “Jangan sampai program ini dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dengan memasukkan vaksin palsu” imbuhnya.

Sekretaris Badan Litbang Kesehatan, Nana Mulyana turut hadir mewakili Kementerian Kesehatan RI memberikan pesan dalam acara Pencanangan Imunisasi MR di Kota Gorontalo (1/8).

Dalam kesempatan itu, Nana menekankan pentingnya imunisasi pada anak untuk membentuk sumberdaya manusia yang berkualitas sebagai modal dasar pembangunan di masa yang akan datang.

Selain itu, Nana mengungkapkan bahwa imunisasi adalah amanat dari Undang-undang. “Imunisasi merupakan amanat dari undang-undang nomor 35 thn 2014 tentang perlindungan anak dan UU Kesehatan nomor 36 thn 2009 tentang kewajiban anak mendapatkan layanan imunisasi” tuturnya. Turut hadir dalam acara ini Wakil Gubernur, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi, serta seluruh stakholder antara lain: Danrem, PKK, BPJS Kesehatan dan kepala SKPD, serta BUMD di wilayah Gorontalo.

Pencanangan imunisasi MR ini merupakan program serentak di 28 Provinsi untuk menekan angka kejadian campak dan rubella dan merupakan lanjutan dari pencanangan tahap pertama yang diadakan di Pulau Jawa pada tahun 2017 yang lalu. Program imunisasi ini akan dilakukan selama dua bulan yakni dari awal Agustus hingga akhir September. (AF)