Selesai Observasi, WNI Pulang dalam Kondisi Sehat

263

Natuna, Balitbangkes – Penuh haru dan bahagia,  akhirnya warga negara Indonesia (WNI) yang berhasil di evakuasi dari Wuhan bisa kembali pulang. Sebanyak 238 WNI bisa bertemu keluarga setelah 14 hari di observasi di Natuna. Tepat jam 12.00 WIB, Sabtu, 15 Februari 2020, waktu observasi di nyatakan berakhir. Selain WNI, ada 5 orang lainnya dari Kedutaan Besar Republik Indonesia dan 18 orang kru pesawat Batik Air.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy memastikan tidak ada satupun dari dari peserta observasi yang terindikasi terpapar virus corona. “Kalian adalah warga negara Indonesia yang dapat dijadikan contoh karena secara fisik dan mental mempunyai daya tahan tubuh yang luar biasa,” ucap Muhadjir bangga.

Menurut Muhadjir, hingga saat ini tidak ada satupun warga Indonesia yang terindikasi terpapar virus corona berkat kecekatan dan ketangkasan dari seluruh jajaran yang bertanggung jawab, khususnya di lingkungan Kementerian Kesehatan. “Tugas kita sekarang harus terus memantau perkembangan dari waktu ke waktu dari hari ke hari dari jam ke jam dadi detik ke detik dan setiap ada kejadian harus segera kita antisipasi kita sikapi dengan sebaik-baiknya,” ujar Muhadjir.

Menko PMK turut mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu mulai dari proses evakuasi, observasi hingga pemulangan mereka munuju daerahnya masing-masing. Kepada TNI, Kementerian Kesehatan,  Kementerian Luar Negeri,  BNPB, Kementerian Dalam Negeri,  Staf Kepresidenan,  Bupati Natuna, Batik Air, Polri, Media,  dan tentunya rakyat Natuna. (FNW/AF)