Sehatkan Indonesia Melalui Jamu

60

Jakarta– Menteri Kesehatan Letjen (Purn)  Dr.dr Terawan Agus Putranto, Sp.Rad (K) RI mencanangkan Gerakan Hidup Sehat Minum Jamu di Lapangan Upacara Kementerian Jumat 14 Februari 2020. Menkes terawan mengajak gerakan ini dimulai dari Kementerian Kesehatan. “Ayo Bersama-sama kita galakkan gerakan Masyarakat Hidup Sehat dengan menyertakan Minum Jamu”, jelas Menkes Terawan.

Menkes Terawan menganjurkan Gerakan Minum Jamu. “Gerakan minum jamu ini bisa diseduh sendiri, bisa dibuat sendiri, kalaupun males bisa beli sachetan”, ungkapnya lebih lanjut Tetapi intinya dengan gerakan minum jamu ini yang dicanangkan hari ini bisa ikut serta dalam mewujudkan gerakan masyarakat hidup sehat. Tujuannya untuk meningkatkan imunitas tubuh. Dengan imunitas tubuh yang baik, segala penyakit tidak bisa mampir ke tubuh kita. 

Dalam kesempatan ini, Menkes Terawan menceritakan mimpinya untuk Sehatkan Indonesia Melalui Jamu. Karena jamu akan menjadi primadona yang akan terus dibangkitkan selama dirinya menjadi Menteri Kesehatan.  “Akan terus dibudayakan bagaimana cara hidup sehat dengan menyertakan jamu sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari”, harap Menkes.  

Yang paling penting adalah menggerakkan masyarakat untuk menggemari jamu dan jamu menjadi bagian dari kehidupannnya. Rasanya tanpa jamu ada sesuatu yang hilang. Itulah yang Menkes Terawan inginkan

Menurut Menkes, cara memasak jamu ternyata sangat sederhana. Bahan-bahannya juga mudah didapatkan. Kalaupun di sekitar rumah belum sempat menanam, di pasar banyak sekali. Kita juga dapat memilih bahan jamu, bisa dikreasikan sendiri, serta petunjuk penggunaan dan pembuatan jamu sudah banyak tersebar di kalangan masyarakat.

Depot-depot jamu mudah-mudahan akan terus berkembang, ditambah tenaga-tenaga ahli jamu terus bertumbuh dan mengembangkan diri. Menkes Terawan juga yakin “taste” jamu akan semakin mengarah ke milenial dan digemari anak-anak muda.

Kegiatan ini merupakan acara untuk membangkitkan kearifan lokal dan membangun kembali sisi-sisi budaya yang ternyata membuat Indonesia tetap sehat melalui jamu yang akan menjadi komplemen dari gaya hidup sehat. 

Menkes Terawan berharap sosialisasi Gerakan Hidup Sehat Minum yang dilakukan di Jakarta merupakan awal dan terus akan berlangsung sosialisasi. Mudah-mudahan orang makin gemar minum jamu, karena jamu merupakan hal yang sangat meresap di hati seluruh rakyat dan bangsa Indonesia. (Fachrudin Ali Ahmad)