Riuh Tepuk Tangan, Kemenkes Ajak Masyarakat Apresiasi Tenaga Kesehatan

99

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengajak masyarakat melakukan tepuk tangan selama 56 detik untuk memberikan apresiasi kepada para tenaga kesehatan. Tepat pukul 12 siang, diikuti ratusan pegawai Kemenkes suara riuh tepuk tangan terdengar serentak di depan gedung Kemenkes Rasuna Said Jakarta. Kegiatan ini dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-56 tanggal 12 November 2020. 

Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes Kirana Pritasari mengatakan gerakan ini dilakukan sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada para tenaga kesehatan dari Sabang hingga Merauke yang telah berjuang selama masa pandemi Covid-19. 

“Gerakan tepuk tangan 56 detik untuk memberikan apresiasi kepada tenaga kesehatan yang telah berjuang melampaui batas tanggung jawab mereka. Ucapan terima kasih kepada mereka dan juga kepada relawan dan masyarakat yang terus mendukung dan patuh kepada protokol kesehatan,” ucap Kirana.

Sepanjang masa pandemi Covid-19, tenaga kesehatan menjadi garda terdepan dalam penanganan Covid-19. Tidak hanya melayani pasien Covid-19, tetapi mereka juga tetap harus memberikan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat. Tanpa pengabdian mereka kepada bangsa dan negara, akses pelayanan kesehatan selama pandemi bisa terganggu.

Lebih lanjut Kirana mengungkapkan dibutuhkan komitmen tenaga kesehatan dan masyarakat serta semangat untuk mengendalikan pandemi Covid-19. Semua itu ditunjukkan dengan cara mematuhi protokol kesehatan selama pandemi.

“Sebagai bentuk komitmen kita, tekad kita, mari kita semua patuh pada protokol kesehatan. Memakai masker setiap saat, mejaga jarak, dan mencuci tangan,” tutur Kirana. (Ripsidasiona)