Riset Iptekkes Untuk Perbaikan Pembangunan Kesehatan

617

“Riset Iptekkes merupakan pengembangan dari Risbin IPTEKDOK yang sifatnya kompetitif, sifatnya tidak pembinaan lagi. Boleh diikuti oleh siapa saja, dan yang terpenting penelitiannya bermanfaat bagi pembangunan kesehatan”, demikian dikatakan Kepala Badan Litbang Kesehatan, Siswanto dalam Sosialisasi Riset Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kesehatan  (Riset Iptekkes) di Padang (13/08).

Kota Padang terpilih sebagai tempat untuk Sosialisasi Riset Iptekkes regional barat setelah sosialisasi untuk regional timur yang diselenggarakan di Bali awal Agustus lalu.  Sosialisasi riset ini dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, Dekan fakultas perguruan tinggi, Direktur Poltekkes, Direktur RS, dan Pejabat Struktural maupun peneliti di lingkungan Badan Litbangkes.

Siswanto menuturkan bahwa tujuan riset kompetitif ini adalah untuk memberikan solusi terkait masalah kesehatan, menciptakan inovasi baru di bidang kesehatan, meningkatkan mutu riset operasional dan memperkuat jejaring kemitraan antar institusi riset. Terkait dengan topik riset, terdapat beberapa topik prioritas yang disesuaikan dengan isu utama program Kementerian Kesehatan, yaitu penurunan angka kematian ibu dan anak, penurunan stunting, peningkatan cakupan dan mutu imunisasi, pencegahan dan penanggulangan penyakit menular (TB, Malaria, DBD), serta perbaikan manajemen pelayanan kesehatan. Pimpinan tertinggi Badan Litbang Kesehatan ini menegaskan bahwa hasil dari Riset Iptekkes diharapkan dapat memberikan rekomendasi perbaikan terhadap program atau kebijakan.

Pada kesempatan ini Sekretaris Badan Litbang Kesehatan, Nana Mulyana mengatakan bahwa sasaran Riset Iptekkes adalah perguruan tinggi, rumah sakit, organisasi profesi, Badan Litbang Daerah, dan lembaga riset. “Jenis riset yang diperkenankan dalam Riset Iptekkes adalah riset operasional, baik bersifat riset terapan maupun inovasi teknologi”, ujarnya.

Seleksi Riset Iptekkes akan dilakukan pada bulan September, sedangkan pelaksanaannya akan dimulai pada awal tahun 2019. Informasi lengkap terkait dengan Panduan Riset Iptekkes dapat diunduh melalui tautan berikut ini : http://risetiptekkes.litbang.kemkes.go.id/panduan/Panduan-Riset-Iptekkes.pdf. (Rian)