Ramadhan Bulan Penuh Rahmat dan Keberkahan

209
Penyerahan santunan dan tali kasih

Jakata– Keluarga Muslim Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Kamil Balitbangkes) bersama Darma Wanita mengadakan acara berbuka puasa dan berbagi kasih dengan karyawan Balitbangkes dan anak yatim piatu hari Jumat (17/5/2019). Acara dihadiri Kepala Balitbangkes Siswanto dan Sekretaris Nana Mulyana.

Menurut Ketua Kamil Harimat Hendrawan acara terselenggara atas dukungan seluruh karyawan. “Dalam acara ini akan diberikan tali kasih kepada 113 anak-anak kita”, ungkap Harimat. 63 anak yatim berasal dari Tambun dan 50 dari wilayah sekitar kantor Balitbangkes. Selain itu diberikan bingkisan kepada karyawan khusus dari Kepala Balitbangkes. Acara dimeriahkan penampilan hadrah dari tim Puslitbang Biomedis dan Teknologi Dasar Kesehatan.

Eti Nana Mulyana dari Darma Wanita Balitbangkes menyebutkan di acara berbagi kebahagiaan ini diberikan bingkisan kepada 150 karyawan terdiri dari honorer satpam, supir, petugas kebersihan, pengasuh tempat penitipan anak (TPA), dan pegawai kantin. Selain itu diberikan juga bantuan biaya pendidikan kepada 12 anak terdiri 6 anak SD, 3 anak SMP, dan 3 anak SMA yang merupakan anak yatim perwakilan dari pengasuh TPA dan karyawan kantin.

Siswanto mengungkapkan selama 2 tahun terakhir, Balitbangkes menunjukkan kinerja yang baik, khususnya dalam pemanfaatan hasil riset untuk perbaikan pembangunan kesehatan serta penajaman kebijakan dan program. Hal ini sangat diapresiasi oleh Menteri kesehatan. “Mudah-mudahan juga di pemerintahan yang baru Badan litbangkes makin tetap eksis dan menunjukkan perannya didalam pembangunan kesehatan”, tutur Kepala Balitbangkes

Kepala Balitbangkes berpesan keluarga Balitbangkes merupakan satu kesatuan sistem, tergabung kedalam keluarga besar Balitbangkes. Salah satunya, peran dari office boy dan security menjadi sangat penting, karena dapat menjaga keamanan, menjaga kantor supaya tetap bersih. “Untuk itu, atas nama pimpinan mengucapkan terimakasih”, tutur Siswanto.

Mudah-mudahan dengan kegiatan ini Siswanto berharap kebersamaan menjadi terpupuk dan saling ada tali kasih sayang sesama karyawan. Ujungnya akan membentuk korsa keluarga Balitbangkes yang kuat, saling menghargai, berinteraksi yang baik dan menjadi organisasi yang harmonis.

Ustadz Khaeriawan sebagai pengisi tausiah menyampaikan bulan Ramadhan ini adalah bulan yang penuh dengan rahmat, penuh keberkahan, penuh dengan kenikmatan. Banyak diantara kita saat datangnya bulan Ramadhan tidak memanfaatkan kebesaran dan keberkahan dari Ramadhan.

Ustadz Khaeriawan memberikan tausiah

Salah satu kenikmatan yang diberikan oleh Allah SWT di bulan ini menurut Ustadz Khaeriawan doa kita dikabulkan. “Allah SWT telah memerintahkan kita untuk berdoa dan semoga menghapus segala dosa dan hutang kita di bulan Ramadhan ini”, terangnya lebih lanjut. Sesungguhnya barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan dengan keimanan yang ikhlas, Allah akan ampuni dosa-dosanya sebagaimana bersih seperti bayi baru dari lahir.

Di bulan Ramadhan ini juga diturunkan Alquran sebagai petunjuk bagi manusia untuk membedakan antara yang hak dan bathil. Mengutip ulama, orang yang membaca Alquran dengan yang tidak membaca seperti orang hidup dan orang mati. Orang terkadang seperti zombie berjalan. Kalau seandainya ada seorang yang tidak bisa membaca atau menghapal Alquran walaupun cuma bacaan-bacaan pendek niscaya itu akan bisa menjadikan kita seperti kuburan hidup. “Maka terangi dengan Alquran di rumah dan rongga-rongga kita”, jelasnya.

Malam Lailatul Qadhar adalah malam keberkahan yang apabila hamba-Nya mendekat kepada Allah SWT di malam itu untuk memohon, maka bagi siapa yang meminta dan berdoa Allah SWT akan kabulkan. Jadikan Ramadhan yang mulia ini bulan yang sebaik-baiknya bulan. (ali)