Rakerkesda untuk Koordinasi Dan Sinergisme Program Bidang Kesehatan

1399

Menteri Kesehatan, Nila F Moeloek menghadiri kegiatan rapat kerja kesehatan daerah (Rakerkesda) wilayah binaan Sekretariat Badan Litbangkes di Propinsi Gorontalo pada tanggal 9 April 2019.

Dalam safari kegiatannya, Menteri Kesehatan berkesempatan melihat pameran infografis pelayanan kesehatan unggulan dari seluruh dinas Kesehatan se-Propinsi Gorontalo. Dalam orasinya Menteri Kesehatan menegaskan bahwa seluruh masyarakat wajib mendapatkan pelayanan kesehatan dan memiliki jaminan kesehatan yang baik. “Pelayanan bukan hanya kuratif tapi dari promotif dan preventif yang berkualitas, efektif dan sesuai dengan kebutuhan, tidak ada biaya yang harus ditanggung masyarakat”. Ujar Menteri Kesehatan.

Di kesempatan ini juga Menteri Kesehataan mendengarkan hasil Rancangan Aksi Daerah (RAD) yang telah disusun oleh Dinkes Propinsi dan seluruh Dinkes Kabupaten/Kota s-Propinsi Gorontalo terkait dengan 5 isu prioritas kesehatan di Propinsi Gorontalo.

Mewakili Gubernur Gorontalo, Idris Rahim selaku wakil Gubernur Propinsi Gorontalo membuka secara resmi kegiatan rakerkesda tahun 2019. Dalam sampaianya mengatakan bahwa rakeskesda merupakan forum komunikasi antar jajaran bersama lintas program dan lintas sektor untuk membahas permasalahan kesehatan, pembangun kesehatan, serta menguatkan koordinasi, sinergitas antar pusat dan daerah dan juga melahirkan upaya terobosan guna mewujudkan masyakarat sehat ,mandiri, dan berkeadilan. Berkat kerja keras dan kerja cerdas di propinsi gorontalo banyak sekali penghargaan dan prestasi bidang kesehatan sampai tahun 2018. Namun juga masih banyak pekerjaan bidang kesehatan dari 5 isu strategis.

“Kami laporkan bahwa untuk memperbaiki sistem rujukan pelayanan kesehatan, kita akan mengembangkan Rumah Sakit Rujukan tingkat Propinsi”. Ujarnya kepada Menteri Kesehatan.

Dalam laporannya, Triyano S Bialangi selaku Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Gorontalo

peserta yang diundang dalam pertemuan berasal dari dinas kesehatan kabupaten / kota, Direktur Rumah Sakit dan kabupaten / kota serta Kepala Puskesmas Kabupaten / kota se-Propinsi Gorontalo. Rangkaian kegiatan di awali dengan pra rakerkesda penyusunan RAD tingkat propinsi dan kabupaten kota yang didampingi Binwil dan Unit Utama Kementerian Kesehatan, dilanjutkan dengan rakerkesda dengan agenda pemaparan hasil RAD yang memprioritaskan 5 isu stategi pembangunan kesehatan : peningkatan cakupan imunisasi, emilinasi TBC, percepatan penurunan stunting, peningkatan dan pencegahan PTM, percepatan dan penurunan AKI dan AKN. (ilal)