Rakerkesda Jambi, Dinkes Harapkan Perkuat Komitmen Daerah

455

Dinas Kesehatan Provinsi Jambi menggelar Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) 2019 yang mengangkat tema “Kolaborasi Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam Peningkatan Cakupan Pelayanan Kesehatan Semesta Menuju Jambi Tuntas 2021”. Kegiatan berlangsung selama tiga hari sejak 31 Maret sampai 2 April 2019 di Jambi.

Sebagai rangkaian kegiatan ini, Pra Rakerkesda dilakukan untuk membahas Rencana Aksi Daerah (RAD) terkait lima fokus prioritas kesehatan. Pada kesempatan ini, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, Samsiran Halim menyampaikan situasi Jambi terkait lima fokus prioritas kesehatan, yaitu peningkatan cakupan dan mutu imunisasi, percepatan eliminasi TB, percepatan penurunan stunting, peningkatan pencegahan dan pengendalian PTM dan percepatan penurunan AKI dan AKN.

Samsiran menuturkan tujuan Rakerkesda ini adalah untuk koordinasi dan sinergisme provinsi dan kabupaten/kota dalam menyusun RAD. “Harapannya dapat memperkuat komitmen Kabupaten/Kota terhadap pelayanan kesehatan primer dan pemenuhan cakupan kesehtan semesta,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, implementasi dan penganggaran Standart Pelayanan Minimal (SPM) yang terfokus pada isu prioritas turut menjadi topik utama Pra Rakerkesda. Hadir sebagai narasumber Kepala Pusat Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan, Kalsum Komaryani.

Menurut Kalsum, SPM merupakan amanat dari PP Nomor 2 tahun 2018. Pelaksanaan SPM terdiri dari jenis pelayanan, mutu pelayanan dan penerima pelayanan dasar dan strategi penerapannya.

“Khusus untuk provinsi, ada fungsi yang harus dijalankan dengan membuat rencana aksi. Intinya dalam mengkoordinasikan dan mengkonsolidasikan sumber pendanaan dalam pemenuhan anggaran untuk penerapan SPM,” jelasnya.(FNW)