Riset Pembinaan Kesehatan

Risbinkes merupakan riset bagi para peneliti pertama atau calon peneliti dalam rangka pembinaan pelaksanaan penelitian sesuai dengan kaidah dan metode penelitian yg benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara etik dan ilmiah. Dimaksudkan juga untuk memberikan kemampuan mengelola riset meliputi perumusan ide, penyusunan protokol, etik riset kesehatan, pelaksanaan riset, manajemen data, penyusunan laporan dan publikasi ilmiah hasil riset serta perencanaan anggaran dan belanja riset bagi para peneliti pertama atau calon peneliti di lingkungan Badan Litbangkes.

Unduh Materi Pertemuan Risbinkes 

Panduan Risbinkes 2015

Riset Pembinaan Iptek Kedokteran

Badan Litbangkes sebagai focal point kegiatan Litbangkes Nasional bekerjasama dengan perguruan tinggi dan rumah sakit serta pihak lain menyelenggarakan Risbin Iptekdok. Kegiatan ini bertujuan membina para peneliti muda agar dapat melaksanakan penelitian sesuai dengan kaidah ilmiah yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etik. Melalui kegiatan Risbin Iptekdok, diharapkan muncul temuan-temuan baru dibidang kedokteran yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas, baik secara preventif maupun kuratif. Risbin Iptekdok juga diharapkan dapat memperluas dan memperkuat kerjasama dan jejaring diantara lembaga-lembaga penelitian.

Formulir Penilaian Reviewer Risbin Iptekdok 2016 [17,6 Kb]

Leaflet Risbin Iptekdok 2016 [PDF: 4,38 Mb]

Pedoman Pelaksanaan Risbin Iptekdok 2016 [PDF: 1,11 Mb]

Layanan Data

Untuk mengajukan permohonan penggunaan data-data tersebut, pemohon diharuskan memenuhi persyaratan serta prosedur yang telah ditetapkan. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2013 tentang Jenis Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada Kementerian Kesehatan maka adapun biayanya terinci sebagai berikut:

tabel-tarifUnduh Terkait Berkas Pelayanan Permintaan Data:

  1. SK Pemanfaatan Data Hasil Penelitian (1.6MB)
  2. Alur Proses Permintaan Data (219KB)
  3. Formulir Pengajuan Permintaan Data (51KB)
  4. Surat Pernyataan Penggunaan Data (273KB)

Lihat Selengkapnya

Layanan Perpustakaan

Perpustakaan Pusat Badan Litbangkes memiliki beberapa tipe koleksi, terdiri dari Buku, Artikel, Laporan Penelitian, Prosiding, dalam bentuk buku tercetak, text, maupun koleksi digital seperti CD-ROM, VCD dan DVD. Selain itu, tersedia pula surat kabar harian maupun majalah bulanan. Untuk dapat menggunakan koleksi perpustakaan diharuskan menjadi anggota perpustakaan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Alamat : Jalan Percetakan Negara, Salemba Tengah, Jakarta, Indonesia – Kode Pos : 10560 Nomor Telephone : (021) 4261088 Nomor Fax : (021) 4244228

Jam Buka
Senin – Jumat : Buka : 09.00 AM Tutup : 03.00 PM

Lihat Selengkapnya

Layanan Wisata Ilmiah

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan memiliki sejumlah fasilitas yang bisa digunakan oleh masyarakat. Salah satunya adalah wisata ilmiah. Wisata ilmiah yang dikelola oleh Badan Litbangkes tersebar di satuan kerja didaerah. Hingga saat ini tercatat beberapa wisata ilmiah yang bisa dikunjungi oleh masyarakat, yaitu:

  1. Wisata Ilmiah Museum Kesehatan dr. Adhyatma di Surabaya
  2. Teater dan Museum Nyamuk di Ciamis
  3. Dunia Vektor & Reservoar Penyakit (Duver) di Salatiga
  4. Wisata Ilmiah Tanaman Obat di Tawangmangu

Riset Kesehatan Nasional

Riset Kesehatan Nasional (Riskesnas) yang dilaksanakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan terdiri dari 3 kegiatan:

  1. Survey Kesehatan Nasional (Surkesnas)
  2. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas)
  3. Riset Fasilitas Kesehatan (Rifaskes)
  4. Riset Khusus (Rikhus)

Selengkapnya

Riset Pembinaan

Riset Pembinaan merupakan bentuk implementasi pembinaan bagi peneliti. Terdiri dari 2 kegiatan:

  1. Riset Pembinaan Kesehatan (Risbinkes)
  2. Riset Pembinaan Iptek Kedokteran (Risbin Iptekdok)

Selengkapnya

Riset Lainnya

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan juga melaksanakan kegiatan riset lainnya, seperti:

  1. Riset Penanggulangan Daerah Bermasalah Kesehatan (PDBK)
  2. Riset Saintifikasi Jamu
  3. Riset Tematik

Selengkapnya