Program Yang Segera Harus Dilaksanakan

555

Jakarta, Pelantikan Pejabat Administrasi dan Pejabat Fungsional di lingkungan Kementerian Kesehatan RI dilaksanakan tanggal 28 Desember 2020. Pelantikan diikuti oleh Pejabat di seluruh Indonesia secara virtual (zoom meeting). Dipandu dari ruang Siwabessy, Kementerian Kesehatan RI oleh Menteri Kesehatan, Ir, Budi Gunadi Sadikin.

Tanggal 28 Desember 2020, saya secara resmi melantik Saudara/Saudari dalam jabatan yang baru di lingkungan Kementerian Kesehatan RI. Saya percaya bahwa Saudara/Saudari akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan, ujar Budi saat melantik. Penandatangan sumpah jabatan disaksikan oleh Sekretaris Jenderal, drg. Oscar Primadi, MPH dan Inspektur Jenderal, Drg. Murti Utami, MPH.

Perubahan merupakan suatu keniscayaan yang pasti akan terjadi. Pejabat yang tadinya merupakan pelaksana berubah menjadi ahli pertama. Pengawas berubah menjadi ahli muda. Administrator berubah menjadi ahli madya. Cara, mekanisme, posisinya berubah tetapi misi utamanya Kementerian Kesehatan dan Industri kesehatan tidak pernah berubah. Saran saya, tetap tenang dan bertawakal. Kita percaya bahwa yang diberikan Allah SWT itu pasti yang terbaik, pasti bisa kita hadapi bersama. Jika kita mudah beradaptasi, akan semakin ringan hidup kita nantinya. Betapa besar perubahan yang kita alami saat ini, ujar Budi.

Pada saat memberikan sambutan, pelantikan pejabat di lingkungan Kementerian Kesehatan RI, Budi menyampaikan,  belum bisa menjanjikan hal-hal jangka menengah apa yang harus dikerjakan. Butuh waktu sedikit untuk mematangkannya. Dua hal penting yang harus kita selesaikan dalam 6-12 bulan kedepan. Pertama, bagaimana kita bisa melaksanakan program vaksinasi covid-19 dengan lancar, cepat dan merata di seluruh Indonesia. Kedua, bagaimana sesudah vaksinasi ini diberikan. Selama vaksinasi diberikan, ini merupakan bagian yang komprehensif. Setelah itu maju kedepan, melakukan hal-hal yang sifatnya lebih strategis untuk jangka panjang.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) melantik 47 pejabat yang berlokasi di Jakarta dan 28 pejabat yang tersebar di seluruh satuan kerja Bada Litbangkes. Disaksikan oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Biomedis dan Teknologi Dasar Kesehatan, Dr. dr. Vivi Setiawaty. M.Biomed dan Kepala Puslitbang Humaniora dan Manajemen Kesehatan, Sugianto, SKM., M.Sc.PH. Dilaksanakan di ruang Rajawali dan ruang Unggul yang bertempat di Gedung Pelayanan Publik, Jalan Percetakan Negara 23.#EM