Pra Raker : Siswanto Ajak Peneliti Untuk Berinovasi

841

Depok, Badan Litbangkes menggelar Rapat Kerja (Raker) Badan Litbangkes dengan mengusung tema “Peningkatan Mutu Penelitian Melalui Penguatan Organisasi dan Manajemen Litbangkes” selama empat hari sejak 1 – 4 Maret 2020 di Depok.   

Kegiatan diawali dengan Pra Raker Badan Litbangkes. Dalam kesempatan tersebut, Kepala Badan Litbangkes, Siswanto, menyampaikan dalam menilai kinerja pembangunan kesehatan atau intervensi kesehatan, harus deliverd  atau sampai diterima ke masyarakat. “Pembangunan kesehatan harus mampu menghasilkan input, outcome dan impact untuk masyarakat,” kata Siswanto.

Lebih lanjut Siswanto mengatakan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 bidang kesehatan yaitu lima tahun kedepan adalah meningkatkan cakupan kesehatan semesta melalui penguatan primary health care. Fokus pada promotif dan preventif yang didukung inovasi dan pemanfaatan teknologi.  “Inilah peran dari Badan Litbangkes melalui inovasi dan pemanfaatan teknologi.” ujar Siswanto.

Dengan adanya RPJMN 2020-2024 ini, Siswanto turut berpesan kepada peneliti Badan Litbangkes agar melihat peluang riset, bisa menjadikan tantangan dan memiliki kepekaan untuk membuat suatu inovasi. “itu bisa menjadi tantangan untuk riset inovatif, jangan mengukur masalah saja, tapi buat semacam model intervensi,” pesan Siswanto. (FNW/dok:HC)