Pertemuan Binwil Awali Rakerkesda Jambi 2019

431

Jambi – Pertemuan informal mengawali Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Provinsi Jambi 2019. Pertemuan ini dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Jambi, Dinkes Kaputaten/Kota dan perwakilan pembina wilayah, yaitu Badan Litbangkes (31/3). Sesuai dengan amanah yang tertuang dalam Kepmenkes Nomor HK.02.02/MENKES/221/2016 tentang Pembina, Pendamping dan Koordinator Serta Pendukung Pembina Wilayah di Lingkungan Kemenkes, Badan Litbangkes memiliki lima Provinsi sebagai wilayah binaan, yaitu Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, kalimantan Selatan dan Gorontalo.

Pertemuan ini dipimpin oleh Kepala Puslitbang Upaya Kesehatan Masyarakat, Vivi Setyawati selaku koordinator pembina wilayah. Pada pertemuan ini Vivi memberikan pengantar diskusi untuk meyusun Rencana Aksi Daerah (RAD). Mekanisme penyusunan RAD dilakukan dengan membagi peserta pertemuan ke dalam lima kelompok sesuai dengan fokus prioritas nasional yaitu, peningkatan cakupan dan mutu imunisasi, percepatan eliminasi TB, percepatan penurunan stunting, peningkatan pencegahan dan pengendalian PTM dan percepatan penurunan AKI dan AKN.

Lima fokus prioritas ini merupakan isu utama yang menjadi sasaran pokok dalam Rancangan RPJMN 2020-2024 yang perlu diharmonisasikan dengan RPMJMD Provinsi dan RPJMD Kabupaten/Kota. Vivi menuturkan bahwa RAD mencerminkan detil kegiatan yang spesifik dan terukur. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya pemecahan masalah kesehatan yang menjadi fokus prioritas, sehingga identifikasi atau analisis situasi harus akurat.

“Masing-masing daerah harus mempunyai spesifiknya juga. Tidak hanya melihat dari kabupaten/kota yang ada di kelompoknya tapi lihat juga dari kabupaten/kota lainnya,” pesannya. (FNW)