Permenristek Dikti no. 9 tahun 2018 Menyatukan 2 Akreditasi Jurnal Ilmiah di Indonesia

436

9 Juli 2018 di Hotel Royal Bogor, Dr. Lukman dari Kemenristekdikti melakukan sosialisasi penggabungan akreditasi jurnal ilmiah yang diatur dalam Permenristekdikti no 9 tahun 2018. Dengan aturan ini, akreditasi jurnal ilmiah dilakukan melalui satu pintu yaitu di Kemenristekdikti.

Dalam paparannya, Dr. Lukman juga mendorong para peneliti di Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan untuk mempunyai profil di Google Scholar dan ORCID. Selain itu perlu untuk mendaftarkan ke Sinta dari Kemenristekdikti. Hal ini mengingat masih sedikit sekali para peneliti di Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan yang terdaftar di Sinta yaitu hanya 24 orang.
Hadir dalam kegiatan ini Cahaya Indriaty, SKM, MKes selaku kepala Bagian Umum, Diseminasi dan Jejaring. Dalam arahannya, Cahaya Indriaty menekankan pentingnya wadah untuk publikasi ilmiah para peneliti. Untuk itu terasa penting penggunaan, optimalisasi, dan maksimalisasi aplikasi Open Journal Systems di Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

Dalam kegiatan ini hadir para pengelola jurnal di lingkungan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan dari Aceh sampai Papua. Selain paparan dari narasumber, para pengelola juga dibekali dengan kemampuan untuk mengelola aplikasi Open Journal Systems versi 3. Kegiatan ini diharapkan memberikan pengaruh yang positif dalam mendukung publikasi ilmiah para peneliti di Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. (Chandra