Penyusunan Laporan Rifaskes Resmi Ditutup

428

Jakarta, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya dan Pelayanan Kesehatan Dr. dr. Irmansyah, Sp.KJ(K) mengapresiasi kerja keras tim Riset Fasilitas Kesehatan (Rifaskes) yang luar biasa. “Output Nasional kali ini  lebih cepat hasilnya dibandingkan riset sebelumnya,” kata Irmansyah dengan bangga  saat menutup Penyusunan Laporan Rifaskes 2019 di Jakarta, (6/11).

Data Rifaskes  ini akan banyak manfaatnya bagi para pemangku kebijakan. Namun berdasarkan hasil pengolahan data, ada sekitar 1300 Puskesmas yang tidak memiliki SK kriteria kewilayahan. “Hal-hal seperti ini seharusnya bisa di cek dari hulunya, bukan hilirnya” kata Irmansyah.

Selanjutnya Irmansyah mengingatkan kepada seluruh peserta agar memberikan masukan pada riset ini bisa dijadikan perbaikan. “Usulan seperti apa yang bisa dilakukan untuk riset kedepannya,” kata Irmasnyah. Kedepannya Irmansyah mengatakan untuk bisa belajar dari proses-proses yang telah dilalui. “Mudah mudahan pengalaman seperti ini benar-benar bisa menjadi pembelajaran,” harap Irmansyah Irmansyah mengucapkan terimakasih kepada seluruh tim terkait yang terus mengawal kegiatan Rifaskes sampai ditahap ini, “Meskipun masih ada beberapa hal yang harus kita lakukan dikemudian hari,” tutup Irmansyah. Penyusunan Laporan Rifaskes ini juga mendapat apresiasi dari para pakar yang sangat puas atas apa yang sudah di tunjukan. (IHM)