Penyederhanaan Birokrasi, 19 Pejabat Administrasi Badan Litbangkes Dilantik

539

Jakarta– Kepala Badan Litbangkes, Siswanto, dalam acara pelantikan pejabat administrasi di lingkungan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Selasa, 25 Februari 2020) mengingatkan kembali lima prioritas kerja Presiden Jokowi tahun 2020-2024, yakni pembangunan SDM, pembangunan infrastruktur, simplifikasi regulasi, penyederhanaan birokrasi, serta transformasi ekonomi. “Pengangkatan ke dalam jabatan administrator ini merupakan penataan organisasi dan pengisian jabatan kosong yang dilakukan dalam rangka persiapan implementasi penyederhanaan birokrasi sesuai arahan Presiden RI. Para pejabat administrasi nantinya akan menjadi koordinator atau subkoordinator dan semuanya memangku jabatan fungsional sesuai dengan tugas dan fungsi di masing-masing unit organisasi”, ujarnya.

Dengan demikian akan terjadi perubahan proses pengelolaan organisasi dari basis struktural menjadi fungsional. Hal ini berpengaruh bagi kepemimpinan Jabatan Pimpingan Tinggi (JPT) Pratama untuk dapat melakukan supervisi dan pembagian tugas langsung kepada individu jabatan fungsional. Para pejabat fungsional juga harus proaktif dalam memahami hak, kewajiban, serta peraturan yang berlaku. Dengan menjadi proaktif, maka pejabat fungsional lebih memahami dalam pengumpulan angka kredit. “Saudara juga harus memastikan bahwa yang dikerjakan oleh pejabat fungsional setiap butirnya terkait dengan sasaran dari unit kerja masing-masing”, ucap Siswanto.

Saat ini dari 1.249 PNS yang ada di Badan Litbangkes, jumlah pejabat fungsional baru sebesar 46,67% atau sebesar 583 orang. Pejabat administrasi yang nanti akan diangkat ke dalam jabatan fungsional sebanyak 96 orang, namun sebagian besar sudah menjabat sebagai pejabat fungsional. Dalam kesempatan ini, Siswanto meminta seluruh pejabat administrasi Badan Litbangkes agar mendorong pejabat pelaksana di bawahnya untuk segera menduduki jabatan fungsional, karena jumlah pejabat pelaksana masih di atas 50% saat ini.

Siswanto pun menekankan pentingnya tujuh sasaran strategis pada Renstra 2020-2024 untuk Kementerian Kesehatan. Salah satu sasaran tersebut dititikberatkan untuk Badan Litbangkes yakni “Meningkatnya Efektivitas Pengelolaan Litbangkes dan Sistem Informasi Kesehatan untuk Pengambilan Keputusan”. “Di sini dituntut peran dan kewenangan strategis Badan Litbangkes, yaitu mengawal kebijakan kesehatan dengan menghasilkan informasi kesehatan yang berasal dari penelitian berkualitas dan terpercaya, serta memberikan argumen, informasi dan bukti (evidence) yang akurat untuk mendukung setiap program kesehatan”, kata Siswanto.

Kepala Badan Litbangkes telah melantik dan mengambil sumpah/janji jabatan 19  orang pejabat administrasi dari 8 Satker Badan Litbangkes, dengan nama-nama berikut ini:

Sekretariat Badan Litbangkes

  1. Ully Adhie Mulyani sebagai Kepala Subbagian Jejaring dan Hubungan Masyarakat

Puslitbang Biomedis dan Teknologi Dasar Kesehatan

  1. Dyah Armi Riana sebagai Kepala Bidang Biomedis 
  2. Nelis Imanningsih sebagai Kepala Bidang Teknologi Dasar Kesehatan
  3. Asteria Unik Prawati sebagai Kepala Subbidang Produk Biologi
  4. Max Bobby Hutabarat sebagai Kepala Subbagian Keuangan, Kepegawaian, dan Umum 

Puslitbang Upaya Kesehatan Masyarakat

  1. Bambang Setiaji sebagai Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat
  2. Rustam Effendi sebagai Kepala Subbagian Program dan Kerja Sama 
  3. Heny Lestary sebagai Kepala Subbidang Kesehatan Komunitas

Puslitbang Humaniora dan Manajemen Kesehatan

  1. Aan Kurniawan sebagai Kepala Subbidang Sosial dan Budaya
  2. Moch. Choirul Soleh sebagai Kepala Subbagian Keuangan, Kepegawaian, dan Umum 

Balai Besar Litbang Vektor dan Reservoir Penyakit Salatiga

  1. Dhian Prastowo sebagai Kepala Seksi Program dan Evaluasi
  2. Hilda Perianto sebagai  Kepala Seksi Kerja Sama dan Jaringan Informasi

Balai Besar Litbang Tanaman Obat dan Obat Tradisional Tawangmangu

  1. Nita Supriyati sebagai Kepala Bidang Layanan dan Sarana Penelitian
  2. Awal Prichatin Kusumadewi sebagai Kepala Bidang Program, Kerja Sama dan Jaringan Informasi
  3. Junediyono sebagai Kepala Bagian Tata Usaha
  4. Agus  Effendi sebagai Kepala Seksi Program dan Evaluasi

Balai Litbangkes Donggala

  1. Riri Arifah Patuba sebagai Kepala Seksi Kerja Sama dan Jaringan Informasi

Balai Litbangkes Papua

  1. Anita Tanna Kepala Seksi Program dan Kerja Sama

Yunita Yakomina Rakhel Mirino sebagai Kepala Seksi Layanan dan Sarana Penelitian.(NB)