Pentingnya Penguatan Kesehatan Mayarakat

93

Perlunya penguatan kesehatan masyarakat, demikian diungkap oleh Siswanto selaku Kepala Badan Litbang dalam sambutan  Diseminasi Hasil Rifaskes Tahun 2019 dan Riset Tematik JKN di Jakarta.

Selain itu Siswanto mengungkap hasil Risfaskes dimana perlunya peningkatan fasilitas pelayanan kesehatan sebagai sisi ketersediaan.

Pada Kamis, 30 Januari 2020 di Ruang Auditorium J. Leimena, Kementerian Kesehatan RI, Jakarta diadakan Diseminasi Hasil Rifaskes Tahun 2020 dan Riset Tematik JKN. Hadir dalam kegiatan ini Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, para pejabat struktural di lingkungan Badan Litbangkes, Staf Ahli Menteri, pejabat pratama dan madya, pejabat fungsional utama dan para lintas sektor.

Pada tahun 2019 Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan telah selesai melaksanakan Riset Fasilitas Kesehatan (Rifaskes). Rifaskes bertujuan untuk memperoleh rekomendasi untuk perbaikan pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), baik dalam aspek kepesertaan, manfaat, dan pelayanan kesehatan.

Rifaskes juga memberikan gambaran kondisi fasilitas pelayanan kesehatan (supply side). Data yang dikumpulkan pada Rifaskes 2019 telah selesai dianalisis dan hasil tersebut perlu dideseminasikan kepada para pemegang program baik pusat dan daerah, lintas sektor, akademisi, organisasi profesi dan NGO.

Diharapkan dengan kegiatan ini dapat menjadi masukan kebijakan pembangunan kesehatan dan kepentingan lainnya. (Happy Chandra & Fachrudin Ali A.)