Penghargaan Atas Penguatan PS2H

545

Jakarta – Bertempat di Auditorium Siwabessy Kementerian Kesehatan (12/11/2019), Menteri Kesehatan RI, Letjen (Purn.) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad(K)RI memberikan penghargaan kepada Kota Makassar, Kabupaten Kudus dan Kabupaten Padang Pariaman sebagai daerah percontohan nasional penguatan sistem pencatatan kelahiran, kematian dan penyebab kematian sebagai bagian dari PS2H (Pencatatan Sipil dan Statistik Hayati). Penghargaan tersebut langsung diberikan kepada Walikota Makassar, Dr. M. Iqbal Samad Suhaeb, SE, MT; Plt. Bupati Kudus, H.M. Hartopo, ST, MM, MH dan Bupati Padang Pariaman, Drs. H. Ali Mukhni di acara Pemberian Anugerah Menteri Kesehatan 2019.

Ketiga daerah tersebut mempunyai administrasi pencatatan sipil yang terstruktur, kerja sama yang baik antara Dinas Kesehatan dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta komitmen yang tinggi dari Kepala Daerah dalam mengembangkan dan mengimplementasikan sistem informasi kehamilan, kelahiran dan kematian.   

Seperti diketahui pada tahun ini Badan Litbang Kesehatan menyelenggarakan riset operasional Penguatan Sistem Pencatatan Kelahiran, Kematian dan Penyebab Kematian sebagai bagian dari PS2H. Kota Makassar, Kabupaten Kudus dan Kabupaten Padang Pariaman dilpilih sebagai daerah implementasi Riset karena mereka memiliki pencatatan kelahiran dan kematian yang baik di Sistem Administrasi Kependudukan (SIAK). Dalam pelaksanaan riset operasional beberapa kegiatan telah dilakukan di ketiga daerah tersebut, mulai dari sosialisasi awal, rapid assesment, sosialisasi SMPK (sertifikasi medis penyebab kematian) untuk dokter Rumah Sakit, pelatihan koding data mortality untuk rekam medis di Rumah Sakit hingga capacity building kepada para petugas kesehatan di Puskesmas. Secara keseluruhan pelaksanaan riset berjalan dengan baik dan lancar karena komitmen yang tinggi dari para Kepala Daerah dan kerja sama antar jajaran OPD (organisasi perangkat daerah) terkait. (rian)