Pelepasan Pejabat Tinggi Pratama dan Peneliti Kesehatan Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan (BKPK)

243

Jakarta – Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan (BKPK) Kementerian Kesehatan melakukan acara pelepasan Pejabat Tinggi Pratama dan Peneliti. Acara di helat Selasa (23/3/2022) di Jakarta secara daring dan luring. “Acara hari ini bertujuan untuk silaturrahim dan secara organisasi melepas tugas rekan-rekan ke tempat tugas baru.” Ungkap Nana Mulyana, Sekretaris BKPK.

Dalam laporannya, Nana Mulyana mengatakan selain melepas beberapa pejabat tinggi pratama yang bertugas di tempat baru, ada 258 peneliti juga beralih tugas ke Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan 22 orang peneliti masih proses alih tugas. Peneliti yang beralih tugas telah dilantik oleh BRIN pada 4 Maret 2022. Nana juga berpesan agar tetap terjalin silaturrahim dengan rekan-rekan yang akan bertugas di BRIN, tetap bekerjasama, dan bersinergi untuk mewujudkan tercapainya pembangunan Kesehatan.

Sekretaris Jenderal Kemenkes RI, Kunta Wibawa Dasa Nugraha mewakili Kementerian Kesehatan memberi penghargaan setinggi-tingginya untuk rekan-rekan peneliti yang akan bertugas di BRIN dan teman-teman pejabat yang akan bertugas ke tempat baru. “Saya juga ucapkan terima kasih atas dedikasi dan kerja keras selama mengabdi di Badan Litbang Kesehatan” lanjut Kunta dalam sambutannya.

Menilik perjalanan penelitian, banyak data dan riset penting yang mendukung pengambilan kebijakan di bidang Kesehatan, seperti Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas), Buku Saku Studi Status Gizi Indonesia (SSGI), Riset Tanaman Obat dan Jamu, Riset Khusus Vektora, dan riset lainnya.

Menurut Kunta, selain pelaksanaan riset, evaluasi juga harus dilakukan untuk melihat seberapa efektif riset yang sudah dilakukan dalam mendukung policy maker mengambil keputusan atau research based policy. Dengan BRIN, justru ada koordinasi dan sinergi sehingga hasil lebih baik.

Acara ini dihadiri para pejabat tinggi pratama BKPK, Direktur Peningkatan Mutu Tenaga Kesehatan Ditjen Nakes, Direktur SDM, Pendidikan, dan Umum RSPI Sulianti Saroso, Sekretaris Ditjen Nakes, Chief Expert BKPK, Kepala UPT Badan Litbangkes, para Professor Riset dan para peneliti Kesehatan.

Dalam acara pelepasan ini juga diberikan kenang-kenangan secara simbolis kepada pejabat tinggi pratama yang diserahkan Chief Expert BKPK, Anung Sugihantono. Penghargaan yang diberikan merupakan wujud apresiasi terhadap dedikasi selama bekerja di Badan Litbang Kesehatan/BKPK.
(Nisa Fitriyani)