Pelayanan Publik agar Tercipta Pelayanan Prima

246

Badan Litbangkes menyelenggarakan webinar dengan topik Penerapan Budaya Pelayanan Prima di Unit Pelayanan Sektor Kesehatan (20/08/2021). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik Badan Litbangkes. Serta sebagai salah satu bentuk dukungan dalam pembangunan zona integritas Sekretariat Badan Litbangkes menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bebas dan Melayani (WBBM).

Webinar dibuka oleh Nana Mulyana, selaku Sekretaris Badan Litbangkes. Nana menyampaikan bahwa hal yang penting dalam melakukan perubahan-perubahan adalah perubahan pola pikir dan perubahan dalam bersikap serta berperilaku atau perubahan budaya kerja. Sehingga walaupun adanya penerapan Work From Home (bekerja dari rumah), pekerjaan dapat tetap dijalankan dengan baik.

Emilia Bassar, CEO CPROCOM merupakan narasumber yang didaulat untuk menyampaikan materi mengenai pelayanan publik.  Emilia mengajak agar penyelenggara pemerintahan memiliki kedekatan dengan masyarakat serta dapat memberikan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Ini akan menjadi penilaian kualitas pelayanan yang diselenggarakan karena memang sesuai kebutuhan dan keinginan masyarakat,” ujar Emilia.

Penyelenggara pemerintah juga perlu melakukan reviu terhadap kinerja dari pelayanan publik yang diberikan. Bahan untuk mereviu dapat diperoleh dari survey polling, kotak saran/chat box atau dari media sosial.

Publik yang dimaksud meliputi internal maupun eksternal Sekretariat Badan Litbangkes.

Menurut Emilia terdapat lima dimensi pokok dari kualitas pelayanan meliputi tangibles, realibility, responsiveness, assurance, dan emphaty. Dalam menerapkan kelima dimensi tersebut membutuhkan pendekatan secara sistematis untuk mengumpulkan dan menyebarkan informasi kualitas pelayanan kepada publik.

Agar pelayanan publik dapat mencapai pelayanan prima maka dibutuhkan kompetensi pengelolanya, meliputi pengetahuan, ketrampilan, Bahasa tubuh, serta perilaku. Ketrampilan komunikasi mencakup mendengarkan secara aktif serta berpikir positif.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi alat dalam memicu implementasi budaya pelayanan prima dalam pelayanan publik Sekretariat Badan Litbangkes.

Webinar yang terselenggara berkat kerjasama Kelompok Substansi Jejaring,  Informasi dan Dokumentasi serta Kelompok Substansi Hukum,  Organisasi dan Kepegawaian berlangsung secara daring. Peserta tidak hanya dihadiri oleh internal Badan Litbangkes,  namun juga diikuti oleh lintas sektor. (Evi Suryani)