Pelatihan Sistematika Review dan Meta Analisis

704

Dalam rangka peningkatan kompetensi para peneliti di lingkungan Badan Litbangkes, Puslitbang Upaya Kesehatan Masyarakat menyelenggarakan pelatihan Sistematika Review dan Meta-Analasis. Acara yang berlangsung pada tanggal 10 – 11 Oktober 2019 di Ruang Rajawali, Badan Litbangkes diikuti oleh sebanyak 35 orang peserta yang sebagian besar merupakan peneliti di Puslitbang Upaya Kesehatan Masyarakat.

“Sebagaimana dinyatakan dalam Peraturan BKN yang baru no 9 tahun 2019 tentang Petunjuk Pelaksaan Pembinaan Jabatan Fungsional Peneliti, disebutkan bahwa peningkatan kompetensi dalam bentuk pelatihan fungsional dan pelatihan teknis, serta bentuk lain seperti mempertahankan kompetensi sebagai peneliti (maintaining), seminar, lokakarya (workshop) atau konferensi, ditujukan untuk meningkatkan profesionalisme Jabatan Fungsional Peneliti”, demikian disampaikan oleh Dr. Ekowati Rahajeng, SKM, M.Kes dalam pembukaan acara. Adanya acara pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi para peneliti, baik kapasitas maupun kualitas. Pelatihan Sistematika Review dan Meta-Analisis merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh para peneliti terkait dengan penelusuran informasi ilmiah.

Sementara itu Kepala Puslitbang Upaya Kesehatan Masyarakat, Ir. Dody Izwardi, MA dalam arahan dan sambutannya mengungkapkan bahwa para peneliti di Badan Litbangkes harus mampu menyelesaikan berbagai persoalan yang saat ini dihadapi oleh pemerintah dalam bidang kesehatan, misalkan dalam penanganan stunting. Apa yang menjadi masalah, tantangan dan hambatan dalam penurunan angka stunting, itu harus mampu dipecahkan oleh para peneliti.

Melalui pelatihan Sistematika Review dan Meta-Analisis diharapkan dapat meningkatkan kemampuan peneliti untuk menghasilkan suatu rekomendasi kebijakan yang menjadi salah satu tugas dari peneliti di Badan Litbangkes. Pelatihan ini menghadirkan narasumber dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Didik Setiawan, Ph.D, Apt dan peneliti Badan Litbangkes, Ully Adhie Mulyanie, MS, Apt.(rian)