Pelatih Nasional Riskesdas 2018 Siap Diterjunkan

235

Bekasi – Gelar Pelatih Nasional peserta Lokakarya Pelatih Nasional Riskesdas 2018 secara resmi telah dikukuhkan. Sekretaris Badan Litbangkes Dr. Nana Mulyana selaku penanggung jawab Riskesdas 2018 mewakili Kepala Badan Litbangkes membacakan deklarasi pengukuhan diikuti seluruh peserta pada Senin malam 26 Februari 2018 di Hotel Harris, Bekasi.

Sebanyak 380 orang pelatih nasional dari seluruh provinsi telah berhasil dilatih. Dari hasil post test, nilai rata-rata di sembilan kelas mengalami peningkatan persepsi terhadap pelaksanaan Riskesdas 2018, antara lain persepsi kuisioner kesmas dengan pengukuran antropometrinya, biomedis dengan tata laksana pengambilan darahnya, manajemen data dengan tata cara entri datanya serta manajemen administrasi dan logistik. Persepsi mereka juga diperkaya dengan ujicoba lapangan dan praktek micro teaching di kelas masing-masing.

Dalam arahannya, Sekretaris Badan mengapresiasi capaian, kerjasama dan komitmen yang telah diraih oleh peserta selama Lokakarya. “Untuk pertama kali Riset Nasional pesertanya 75 persen dari luar Balitbangkes dan semua peserta yang hadir berkomitmen mengikuti acara sampai selesai, ini adalah bentuk kerjasama yang baik antar jejaring litbangkes dari berbagai universitas, rumah sakit dan dinas, Terimakasih” ujar Nana Mulyana disambut tepuk tangan peserta.

Acara Lokakarya akhirnya ditutup untuk dilanjutkan ke tahap berikutnya yakni Training Centre bagi enumerator atau tim pengumpul data lapangan yang nantinya akan dilakukan di tiap provinsi. Diharapkan hasil ini dapat ditularkan para pelatih nasional kepada para enumerator agar persepsi terhadap Riskesdas 2018 dapat disamakan sehingga data yang dihasilkan lebih berkualitas dan dapat terjaga validitasnya. (AF)