Pelantikan Kepala Badan Litbang Kesehatan

308

Jakarta,  Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad(K)  melantik Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) dr. Slamet, MHP, tanggal 24 September 2020 di ruang Siwabessy, Gedung Prof. Dr. Sujudi, Kementerian Kesehatan. Sehubungan dengan pandemi Covid-19, selain dilakukan di Kementerian Kesehatan, pun dilaksanakan secara virtual (zoom meeting dan youtube). Pelantikan pejabat pimpinan tinggi madya, pejabat administrasi, pejabat fungsional dan pengukuhan dewan pengawas Rumah Sakit di lingkungan Kementerian Kesehatan, dihadiri oleh pejabat dan beberapa staf di lingkungan Kementerian Kesehatan.

Pesan Terawan kepada pejabat yang baru dilantik, “Semoga Saudara bisa bekerja lebih keras, lebih cerdas dan lebih baik dalam melaksanakan amanah dan pengemban kepercayaan yang diberikan negara”. Pejabat yang dilantik adalah mengisi jabatan yang kosong, dimana jabatan tersebut akan disetarakan dengan jabatan fungsional. Penyetaraan jabatan merupakan implementasi peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) no. 28 Tahun 2019 tentang penyetaraan pejabat administrasi kedalan jabatan fungsional. Tugas jabatan fungsional tidak semata-mata hanya mengumpulkan angka kredit untuk kenaikan jenjang jabatan dan kenaikan pangkat, namun dilaksanakan secara profesional dan dalam rangka peningkatan kinerja organisasi Kementerian Kesehatan.

Kepada para anggota dewan pengawas yang baru dilantik, Menteri berpesan agar wajib melaporkan kepada Menteri Kesehatan apabila terjadi segala sesuatu yang menyangkut kinerja BLU serta memberikan saran, masukan nasihat dan tanggapan kepada pejabat pengelola BLU atas laporan keuangan dan kinerja BLU yang dikelolanya. Utamakan pelayanan yang prima kepada masyarakat dan dapat menjembatani setiap permasalahan yang muncul dalam pelayanan kesehatan, jaminan kesehatan nasional, keluhan terkait obat-obatan. Baik ketersediaan obat-obatan rasionalitas dan jenis obat yang ada di Kementerian Kesehatan. Segera menyiapkan POA (plan of action) untuk membahas langkah-langkah selanjutnya dalam  menjalankan tugas dan fungsinya. Dengan tersusunnya POA yang baik akan berdampak pada perbaikan maupun peningkatan dalam pelayanan di RS.

Bersamaan dengan pelantikan Kepala Badan Litbangkes, dilantik pula drh. Rita Marleta, M.Kes dan Dra. Rini Sasanti Handayani, M.Kes sebagai Jabatan Fungsional Peneliti Ahli Peneliti Utama. Dr. Teti Tejayanti, MKM sebagai Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Pusat penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Upaya Kesehatan Masyarakat. Edi Susanto, SH sebagai Pranata Hubungan Masyarakat Ahli Pertama. Harapan dan pesan Menteri Kesehatan kepada pejabat yang dilantik mampu menghasilkan kinerja yang terbaik dalam tugas. Selamat bekerja, selamat berjuang, tetap sehat, tetap semangat dalam mensejahterakan seluruh rakyat dan bangsa Indonesia.(ER/NW)