Pelantikan APU dan Pengukuhan KS/KSS di Badan Litbangkes

520

Jakarta – Kepala Badan Litbangkes, Slamet melantik satu orang Pejabat Fungsional Peneliti Ahli Utama dan mengukuhkan 79 Koordinator dan Sub-koordinator di lingkungan Badan Litbangkes pada Senin, 19 April 2021. Pejabat Fungsional Peneliti Ahli Utama yang dilantik hari ini adalah Dina Bisara dengan kepakaran kesehatan reproduksi. Dina menambah daftar Peneliti Ahli Utama di Badan Litbangkes menjadi 21 orang.

Dalam sambutannya Slamet mengatakan bahwa Dina Bisara telah dinilai mampu dan cakap untuk menjalankan tugas sebagai Peneliti Ahli Utama. “Majelis Asesor Peneliti Pusat telah menilai prestasi kerja melalui pencapaian angka kredit dan uji kompetensi terhadap Hasil Kerja Minimal (HKM),” ujar Slamet.

Lebih lanjut Slamet memberikan penjelasan bahwa Koordinator dan Sub-Koordinator merupakan pejabat fungsional yang melaksanakan tugas tambahan selain tugas utamanya sebagai pejabat fungsional. “Koordinator dan Sub-koordinator harus mampu mengoordinasikan kelompok substansi dan sub-substansi masing-masing. Dan sebagai pejabat fungsional harus meningkatkan profesionalisme dan mengembangkan karir masing-masing,” tutur Slamet.

Menurut Slamet, berbeda dengan pejabat struktural atau administrator, Koordinator dan Sub-koordinator bersifat lebih dinamis. Koordinator dan Sub-koordinator dapat dievaluasi dalam satu tahun atau kurang dari satu tahun.

Pada kesempatan ini Slamet menyampaikan optimisme bahwa pejabat yang dilantik dan dikukuhkan hari ini merupakan figur pribadi yang akan menghasilkan kinerja terbaik. Ia menyakini mereka akan mempersiapkan dan menjalankan transformasi Badan Litbangkes menjadi Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan (BKPK).

Mengakhiri sambutannya, Slamet mengingatkan kepada seluruh Kepala Satuan Kerja dan seluruh jajarannya untuk mengawal pelaksanaan agenda Reformasi Birokrasi. Termasuk didalamnya adalah mengawal pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di lingkungan satker masing-masing.

“Saya minta agar Saudara semuanya mengawal betul secara periodik perkembangan dari 8 area perubahan yang dijalankan masing-masing Pokja. Realisasikan rencana kerja tiap Pokja, lakukan monitoring dan evaluasi, dan jalankan tindak lanjut dari hasil monitoring dan evaluasi tersebut,” ucap Slamet mengakhiri sambutannya. (Dian Widiati)