MOBILE BSL-2 TEST COVID DILUNCURKAN DI RS TNI AD RIDWAN MEURAKSA

205

Jakarta – Peluncuran pengoperasian Mobile BioSafety Level (BSL)-2 di RS Tingkat II TNI AD Moh. Ridwan Meuraksa dihadiri oleh Sekjen Oscar Primadi mewakili Menteri Kesehatan, KSAD Andika Perkasa dan Menristek/Kepala BRIN, Bambang Brojonegoro.  Diluncurkannya mobile BSL-2 ini turut menambah kapasitas jumlah laboratorium pemeriksa spesimen Covid-19 khususnya di wilayah DKI Jakarta.

“Dengan semakin mudahnya akses ke masyarakat ini, maka target 20 ribu spesimen perhari dapat segera kita capai“ ujar Oscar Primadi

Mobile Lab BSL-2 ini merupakan inovasi dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Kemenristek/BRIN sudah memenuhi syarat BSL-2 sesuai ketentuan World Health Organization (WHO). Di dalam Mobile Lab BSL-2 ini juga dapat dilakukan pemeriksaan menggunakan Rapid Diagnostic Test berbasis antibodi IgG/IgM dan Real Time PCR Covid-19 dan dapat menangani sekitar 300 sampel Covid-19 per harinya.

Laboratorium ini juga terintegrasi dengan aplikasi Pantau Covid-19 yang memungkinkan pasien dapat melihat hasil tesnya sekaligus berguna untuk tenaga kesehatan dalam melakukan contact tracing kepada pasien positif Covid-19.

Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN), Bambang Brodjonegoro, menyebut pengoperasian Mobile Lab BSL-2 BPPT ini menjadi bukti inovasi dalam negeri sudah dapat menggantikan permintaan impor terkait penanganan Covid-19.

Pada kesempatan ini dilakukan juga penandatanganan perjanjian kerjasama dengan beberapa pihak dari dunia usaha, perusahaan swasta, BUMN, maupun filantropi yang tertarik untuk turut membantu upaya penanganan Covid-19 dan pada kebutuhan yang masih kurang, baik kebutuhan ventilator, kebutuhan test kit, maupun kebutuhan Mobile BSL-2 ini. (AF)