Metadata Penelitian Badan Litbangkes Tahun 2019

70

Metadata penelitian Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan menguraikan informasi terstruktur yang mendeskripsikan data-data yang dihasilkan dari penelitian di Badan Litbangkes untuk mempermudah informasi dan akses peminat data litbangkes.

Isi metadata ini berasal dari penelitian yang dilaksanakan Badan Litbangkes pada tahun 2019 yang dipilah mengacu pada data perencanaan dan penganggaran serta evaluasi dan pelaporan. Selanjutnya dilakukan pemilihan berdasarkan kepatuhan penyediaan mikro data dan laporan penelitian melalui sistem pelaporan luaran penelitian elektronik yang dikembangkan oleh Badan Litbangkes yang dapat diakses melalui https://e-riset.litbang.kemkes.go.id/. Dengan demikian seluruh laporan penelitian yang tercantum dalam buku ini terjamin ketersediaannya di e-riset tersebut dan di akhir metadata tiap penelitian kami sediakan tautan beserta kode QR yang mengarahkan ke sistem informasi tersebut.

Buku ini menjadi “jendela” bagi para pembaca sebelum mengakses data-data penelitian Badan Litbangkes. Pembaca dapat melihat berdasarkan topik dan data-data yang dihasilkan dari penelitian tersebut, baik dari metodologi,waktu, wilayah, sasaran sampel, populasi dan keterwakilan data.

Selanjutnya apabila data perlu diakses, dapat mengajukan permintaan data melalui layanan data Badan Litbangkes. Oleh karena itu, metadata terkadang disebut “data dari data”.Buku ini dibagi ke dalam 5 kelompok tema sesuai dengan isi data yang terdapat dalam penelitian tupoksi dan penelitian yang inovatif pada bidang kesehatan.

Download