Menyusun Rekomendasi Kebijakan Berbasis Hasil Riset

459

Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Vektor dan Reservoir Penyakit (B2P2VRP) Salatiga merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Badan Litbangkes). UPT ini memiiliki tugas di bidang penelitian dan pengembangan vektor dan reservoir penyakit. Pada tahun 2021 terdapat target Indikator Kinerja Kegiatan (IKK) berupa 4 rekomendasi kebijakan terkait penyakit tular vektor dan zoonosis yang harus dicapai oleh B2P2VRP. Agar dapat menghasilkan rekomendasi kebijakan yang baik dan tepat sasaran, maka diselenggarakan pendampingan penyusunan rekomendasi kebijakan. Pendampingan dilakukan oleh Sekretariat Badan Litbangkes pada tanggal 18-19 Juni 2021 di B2P2VRP Salatiga.

Dalam sambutannya, Kepala B2P2VRP Salatiga, Joko Waluyo menyampaikan bahwa pertemuan pendampingan penyusunan rekomendasi kebijakan sangatlah penting karena B2P2VRP mempunyai tupoksi riset serta memiliki banyak materi terutama hasil ilmiah.

“Hasil ilmiah akan lebih bermakna apabila dapat dimanfaatkan oleh pemegang kebijakan,” lanjut Joko. Penyampaian hasil ilmiah tersebut dikemas dalam bentuk rekomendasi kebijakan. Pembuatan rekomendasi kebijakan tidaklah mudah, dibutuhkan pengetahuan dan wawasan luas agar dapat menghasilkan rekomendasi kebijakan yang berkualitas. Pertemuan ini merupakan wadah untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan dan skill dalam menyusun rekomendasi kebijakan.

Pada pertemuan ini para peserta dipandu oleh Iko Safika seorang konsultan penyusunan rekomendasi kebijakan. Para peserta dibagi dalam beberapa kelompok, dimana masing-masing kelompok akan membuat draft rekomendasi kebijakan. Draft tersebut kemudian dipaparkan dan akan mendapat masukan dari narasumber dan para pembahas yakni Iko Safika, Analis Kebijakan Ahli Utama (AKAU) Badan Litbangkes serta Koordinator Kelompok Jejaring, Informasi dan Dokumentasi, Sekretariat Badan Litbangkes.

Output yang diharapkan dari pendampingan ini berupa empat draft naskah rekomendasi kebijakan terkait penyakit tular vektor dan zoonosis.

Kegiatan diikuti oleh para struktural dan pejabat fungsional B2P2VRP serta para struktural Sekretariat Badan Litbangkes. (Evi Suryani)