MENKO PMK DAN MENKES MENINJAU FASILITAS VAKSIN DI BIOFARMA

148

Bandung – Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto melakukan kunjungan kerja bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhajir Effendy ke Biofarma untuk melihat kesiapan produksi vaksin COVID-19 (20/06).

Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir menyatakan bahwa vaksin sudah masuk dalam rencana uji klinis fase 3 di bulan Juli 2020. Dan direncanakan pada awal tahun 2021 sudah melakukan produksi massal.

Untuk itu pihak Biofarma memohon ijin untuk menggunakan fasilitas eks proyek vaksin Flu Burung yang telah lama mangkrak karena kasus hukum agar proses produksi dapat berjalan dengan lancar.

“Kalau ini semua berjalan lancar, mohon doa semuanya, bulan satu tahun 2021 kita mulai produksi vaksinnya” jelas Honesti Basyir.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto berjanji akan memperlancar semua proses administratif dan perizinan di Kementerian Kesehatan agar produksi vaksin bisa lebih cepat.

“Surat-surat apa saja yang diperlukan karena ini kan masalah administratif untuk bisa percepatan sehingga ini (fasilitas eks flu burung) tidak mangkrak terlalu lama, makin lama makin rusak dan tidak termanfaatkan, kalau bisa setengah hari, ya setengah hari” ujar Menkes.

Pada akhir kesempatan, Menko PMK dan Menkes diajak berkeliling meninjau fasilitas eks proyek vaksin Flu Burung yang telah lama tidak digunakan karena masalah hukum. (Ahdiyat Firmana)