Menkes Lantik Tiga Pejabat Tinggi Pratama Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan

1063

Jakarta – Menteri Kesehatan, Budi G. Sadikin melantik dan mengambil sumpah jabatan 47 Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama di lingkungan Kementerian Kesehatan pada Kamis, 10 Februari 2022. Ada tiga Pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan yang dilantik dan diambil sumpah pada hari ini, yaitu Dr. Drs. Nana Mulyana, M.Kes sebagai Sekretaris Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan, Dra. Pretty Multihartina, Ph.D. sebagai Kepala Pusat Kebijakan Upaya Kesehatan, dan Dr. I Gede Made Wirabrata, S.Si., Apt., M.M., M.H. sebagai Kepala Pusat Kebijakan Sistem Ketahanan Kesehatan dan Sumber Daya Kesehatan.

Dalam sambutannya Menteri Kesehatan menyampaikan bahwa pelantikan hari ini adalah kelanjutan dari transformasi sektor kesehatan yang diamanahkan Presiden. Menkes menginstruksikan agar pejabat yang baru dilantik segera mempelajari tugas pokok dan fungsi unit kerja, memahami dengan baik semua aspek yang terkait, termasuk tujuan, sasaran, target indikator yang harus dicapai. Menkes Budi menekankan pentingnya koordinasi yang erat dengan berbagai pemangku kepentingan agar target yang dicanangkan dalam program transformasi kesehatan nasional dapat dicapai pada tahun 2024 mendatang.

Secara khusus Menteri Kesehatan memberikan pengarahan tentang pengelolaan laboratorium selama masa transisi. “Laboratorium Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan akan berada dibawah Pusat Kebijakan Sistem Ketahanan Kesehatan dan Sumber Daya Kesehatan sampai kita menyelesaikan struktur organisasi mengenai UPT-UPT yang tadinya ada dibawah Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan,” tuturnya.  

Pada kesempatan ini Menkes Budi juga mengungkapkan bahwa para pimpinan yang dilantik telah menandatangani pakta integritas. Menurut Menkes hal ini sangat penting bagi organisasi Kementerian Kesehatan karena para pimpinan ini telah menyanggupi untuk tidak melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme. “Saya yakin dan percaya bahwa Saudara-saudara akan mewujudkan tekad untuk membangun Kementerian Kesehatan yang lebih bersih, lebih profesional, dan berintegritas, yang akan menjadi contoh bagi kementerian dan lembaga lainnya di Pemerintah Republik Indonesia,” pesan Menkes Budi menutup sambutannya.

Pelantikan pejabat tinggi pada hari ini memberikan tugas dan amanah baru bagi tiga Kepala Pusat Litbang yang sebelumnya bertugas di Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Para Pimpinan Tinggi yang mendapat tugas baru tersebut adalah Dr. dr. Vivi Setiawaty, M.Biomed. sebagai Direktur Sumber Daya Manusia, Pendidikan, dan Umum RSPI dr. Sulianti Saroso Jakarta; Sugianto, SKM, M.Sc.PH sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan; dan Ir. Doddy Izwardy, M.A. sebagai Direktur Peningkatan Mutu Tenaga Kesehatan.  Penulis berita: Dian Widiati