Menkes Harapkan Peserta Observasi COVID-19 Menjadi Duta Kesehatan

306

Natuna – Sebanyak 238 WNI dan 5 orang staf KBRI dari Wuhan, Tiongkok, telah menjalani masa observasi virus COVID-19 selama 14 hari di hanggar Lanud Raden Sadjad, Natuna. Menkes Terawan merasa bersyukur melihat raut wajah bahagia dan haru karena dapat segera berkumpul kembali bersama keluarga. Menkes berharap para peserta observasi menjadi duta kesehatan sekembalinya di masyarakat. Hal ini disampaikan pada upacara pelepasan di hanggar Lanud. (15/02).

“Sampai bertemu dengan keluarga, kalian menjadi duta-duta kesehatan,” ujar Menkes.

Menkes juga berpesan kepada para peserta observasi agar terus olahraga, makan dengan gizi yang cukup, dan jangan lupa minum jamu.

“Jadi jaga kesehatan kalian semua, terus olahraga yang ringan-ringan yang penting tetap bergerak, makan gizi yang cukup, supaya tetap sehat jangan lupa tetap minum jamu, itu pesan saya, lanjut Menkes.
Pada kesempatan tersebut, secara simbolis Menkes Terawan memberikan Surat Keterangan Pemeriksaan yang menyatakan bahwa seluruh peserta observasi dalam keadaan sehat dan tidak terjangkit COVID-19. Tak lupa, Menkes mengucapkan terima kasih dan memberikan sertifikat penghargaan bagi semua yang terlibat pada proses pemulangan hingga masa observasi berlangsung.

Peserta observasi diterbangkan menggunakan 3 pesawat militer ke bandara Halim Perdanakusumah Jakarta sebelum dipulangkan ke daerah masing-masing. Diharapkan, sekembalinya mereka di lingkungan keluarganya, masyarakat dapat menerima dengan baik dan membuang jauh kekhawatiran penyebaran virus COVID-19 yang sedang mengancam dunia. Sampai sejauh ini, hasil pemeriksaan laboratorium nasional BSL-3 di Badan Litbangkes, Kementerian Kesehatan, menyatakan seluruhnya negatif COVID-19. Patutnya kita tetap berdoa agar Indonesia dapat terus terbebas dari virus ini dan penyebaran wabah dapat segera berakhir. Amiin. Salam Sehat, dan bersyukur. (AF/FNW)