Mendekat ke Masyarakat, Hasil Litbangkes Meriahkan Sail Nias 2019

507

Nias Selatan – Badan Litbangkes mendekat ke masyarakat Nias Selatan melalui Wonderful Nias Expo 2019. Berkolaborasi dengan Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes, Badan Litbangkes berpartisipasi dalam pameran yang digelar di Lapangan Ororusa, Nias Selatan selama 4 hari (11-14/9).

Pameran ini dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Bidang Pengamanan Pasar Kementerian Perdagangan, Sutriono Edi. Dalam sambutannya, ia optimis pameran ini dapat meningkatkan nilai perekonomian masyarakat.

Sejalan dengan tema Sail Nias 2019 “Nias Menuju Destinasi Wisata Dunia”, stand Kemenkes menyampaikan pesan Wisata Sehat Ala Germas didukung dengan data hasil Riset Kesehatan Dasar 2018, Studi Global Burden of Desease 2017 serta informasi mengenai Wisata Ilmiah Kesehatan.

Antusiasme warga setempat sangat terlihat dari padatnya area pameran oleh pengunjung dari berbagai lapisan masyarakat yang didominasi oleh pelajar dan mahasiswa. Hal ini menjadi kesempatan emas bagi Badan Litbangkes untuk mengajak generasi muda hidup sehat dengan menghindari faktor-faktor risiko berbagai penyakit berdasarkan hasil riset.

Pameran ini juga menjadi ajang untuk bertukar informasi antara pemerintah pusat dan daerah dalam membangun sinergisme. Seperti yang dilakukan Asni, salah satu pengunjung yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat di Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Selatan mengatakan tantangan pembangunan kesehatan di Nias, khususnya Nias Selatan tidaklah ringan. “Kendala geografis masih menjadi tantangan bagi kami. Selain itu juga dibutuhkan dukungan dari berbagai sektor baik ditingkat pusat maupun daerah karena permasalahan kesehatan sangat berkaitan dengan sektor lain.”, ujarnya.

Wonderful Nias Expo 2019 juga diikuti oleh berbagai instansi baik dari pusat maupun daerah, yaitu Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Perhubungan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal, Kementerian Keuangan, Kemenko Kemaritiman, BUMN dan BUMD, industri Kreatif, dan UMKM.