Litbangkes Mengatakan Fakta Yang Sebenarnya Terjadi

188

Jakarta, Menteri Kesehatan RI, Nila  Moeloek olahraga bersama pejabat dan staf di lingkungan Percetakan Negara 29, Jum’at, 4 Mei 2018. Pukul 07.00 WIB ibu Nila dan rombogan tiba dan langsung melakukan jalan pagi tiga putaran di area Car Free Day. Dilanjutkan dengan senam pagi di halaman Direktorat Jenderal  Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Ditjen P2P). Selesai senam ibu Nila sempat memberi arahan kepada peserta senam.

Ditjen P2P tugasnya luar biasa, jangan main-main. Banyak penyakit menular maupun tidak menular. Segera, mana yang harus kita cegah, mana yang bisa kita minimalkan, demikian arahan ibu Nila. Sedangkan untuk Badan Litbangkes, ibu Nila melihat gedung, dari dulu Litbangkes sudah tampak teratur. Lebih bagus tapi harus tetap digiatkan lebih baik lagi. Litbangkes merupakan muka dari Kementerian Kesehatan. Mereka yang memerlukan data, maka Litbangkes mengatakan lebih baik dan mengatakan fakta yang terjadi sebenarnya seperti demikian.

Menkes menambahkan, Kabadan Litbangkes memberikan hasil suatu riset yang terkait tenaga kesehatan. Bagus. Ternyata dokter puskesmas, dibandingkan tahun 2011, lebih rendah jika dibandingkan dengan yang lampau. Ada apa dengan dokter kita ?  Tidak mau bekerja di Puskesmas. Hal ini yang mesti kita kaji. Hasilnya kita berikan kepada Kementerian Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan Fakultas kedokteran. Kementerian Kesehatan  hanya user, tinggal nunggu, gak bisa maksa. Mungkin mereka harus membuat satu peraturan lagi karena kita harus menjaga bangsa kita dengan sebaik-baiknya.

Semua dimulai dengan olahraga setiap jum’at. Ibu Nila berpesan agar rajin olahraga karena akan datang mendadak ke Percetakan Negara. Usai memberi arahan, ibu Nila menyempatkan melihat kebun Hidroponik yang terdapat di lantai 5, gedung Sekretariat Badan Litbangkes. Kemudian menuju ruang transit di lantai 2 gedung Ditjen P2P.

Tampak hadir mengikuti olahraga bersama ibu Nila Moeloek, Ditjen P2P, dr. Anung Sugihantono, M.Kes, Sekretaris Badan Litbangkes, Dr. Nana Mulyana, Kepala Pusat Upaya Kesehatan Masyarakat, drg, Agus Suprapto, M.Kes, Kepala Pusat Humaniora dan Manajemen Kesehatan, Sugianto, SKM, MSc.PH, Darma Wanita, ibu Widya Cahyani, dan beberapa pejabat serta staf di lingkungan Ditjen P2P dan Badan Litbangkes.(EM)