Kepala Badan Litbangkes Nantikan Inovasi

500

Semarang – Kepala Badan Litbangkes, Siswanto menyaksikan serah terima jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Badan Litbangkes di Aula RSUP dr. Kariadi Semarang (2/8). Doddy Izwardy menggantikan  Vivi Setiawaty sebagai Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Masyarakat setelah dilantik Menteri Kesehatan sehari sebelumnya.

Dalam sambutannya Siswanto menyampaikan lima sasaran rencana strategis Kementerian Kesehatan kedepan, yaitu menurunkan angka kematian ibu, angka kematian bayi dan angka kematian neonatal. Yang kedua adalah menurunkan prevalensi stunting atau dengan kata lain meningkatkan status gizi masyarakat. Ketiga adalah meningkatkan pencegahan dan pengendalian penyakit menular dan penyakit tidak menular, keempat adalah memperkuat gerakan masyarakat hidup sehat, dan yang kelima adalah meningkatkan akses pelayanan kesehatan, termasuk pelayanan obat dan pelayanan alat kesehatan.

“Saya berharap kehadiran Pak Doddy di Badan Litbangkes, akan memunculkan inovasi-inovasi, terutama action research.”, ujar Siswanto.

Pada kesempatan ini Doddy Izwardy berbagi pengalaman selama diamanahi sebagai pimpinan tinggi di Direktorat Gizi. Menurut Doddy ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu penguatan riset bidang gizi, kerjasama dengan lintas sector serta inovasi.

Sementara Vivi Setiawaty yang kini menjabat sebagai Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Biomedis dan Teknologi Dasar Kesehatan menyambut baik Doddy yang menggantikannya. “Tahun ini kita menyelesaikan SSGBI 34 provinsi. Tahun depan seluruh rumah tangga, juga ada gambaran konsumsi makanan dan kita akan melakukan uji coba, jelas Vivi.

Serah terima jabatan Pimpinan Tinggi Pratama ini juga disaksikan oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya dan Pelayanan Kesehatan, Irmansyah; Kepala Puslitbang Humaniora dan Manajemen Kesehatan, Sugianto; Kepala Balai Besar Litbang Vektor dan Reservoir Penyakit Salatiga, Joko Waluyo; beberapa pejabat di lingkungan Badan Litbangkes. (em/dw)