Kemnaskes 2019, Menkes Harapkan Gerakan Pramuka Aktif di Masyarakat

55

Jakarta, Menteri Kesehatan  (Menkes) Nila Moeloek membuka Kemah Nasional Kesehatan (Kemnaskes) ke IV 2019 di Bumi Perkemahan dan Griya Wisata Cibubur (29/9). Kemnaskes kali ini merupakan puncak peringatan Saka Bakti Husada yang ke 34 dengan mengusung  tema Peran Pramuka Sebagai Generasi Milenial Kesehatan Dalam Mewujudkan Indonesia Sehat.

Senada dengan pidato visi Presiden Joko Widodo tentang Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi Kunci Indonesia ke Depan. Artinya pembangunan SDM harus unggul dalam segala bidang dan dapat bersaing secara global. Nila mengatakan gerakan pramuka di era industri 4.0 sebagai wadah pembentukan karakter.  “Kita menanamkan sikap mental, menghasilkan SDM unggul, sehat, cerdas, adaptif, kreatif, inovatif, terampil bermartabat,” tutur Nila.

Pramuka memiliki peran yang besar dalam menginisiasi  perilaku hidup sehat di masyarakat. Menkes mengajak para peserta kemah untuk mulai mengubah perilaku diawali dari diri sendiri. Tujuannya agar menjadikan masyarakat yang sehat, proaktif, mau memelihara dan meningkatkan kesehatan dirinya, mencegah risiko terjadinya penyakit, melindungi diri dari ancaman penyakit, dan masalah kesehatan.

“Kami mengharap tentu Adik-adik sekalian berpartisipasi aktif dalam gerakan masyarakat sehat dan aman. Krida-krida Saka Bakti Husada telah mensyaratkan kecakapan khusus di bidang kesehatan, memastikan kalian dapat berperan besar untuk menyehatkan masyarakat dengan menjadi kader kesehatan dalam keluarga dan lingkungan rumah tinggal,” harap Nila.

Selanjutnya Nila berpesan jadilah patriot bangsa yang kokoh menjaga kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan menjadi agent of change,  pengubah perilaku pembangunan kesehatan untuk mencapai Nusantara kita yang Sehat. Pada kesempatan yang sama, pemberian Penganugerhan Tanda Penghargaan Gerakan Pramuka oleh Budi Waseso Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Menkes Nila menerima Lencana Melati, turut serta Siswanto Kepala Badan Litbang Kesehatan dan Usman Soemantri Analis Kebijakan Utama diberikan Lencana Dharma Bakti. Kemnaskes ke IV 2019 ini dilaksanakan  selama 1 pekan sejak 25- 30 September 2019. (FNW/AF)