Kekayaan Intelektual Lindungi Karya Penelitian

488

Jakarta – Kekayaan inteletual (KI) sangat penting dalam rangka melindungi karya juga menumbuhkan rasa menghargai karya milik orang lain, termasuk temuan penelitian. Sosialisasi KI telah dilakukan dan diharapkan memberi semangat kepada peneliti mendaftarkan karya-karya penelitian ke Kementerian Hukum dan HAM untuk memperoleh hak cipta dan hak paten secara hukum. Hak cipta akan memberi perlindungan karya penelitian, apabila karyanya dijiplak oleh orang lain.

Hasil penelitian dan penemuan masih sedikit yang terdaftar di arsip negara. Tingkat kesadaran dan penghargaan masyarakat terhadap KI masih rendah. Balitbangkes melalui Sentra KI menjaga hasil penelitian agar bermanfaat dan dipertanggungjawabkan secara teknologi dan hukum.

Guna mewujudkan pencapaian output hasil penelitian, Sentra KI melakukan pendampingan dan penulisan drafting paten tahun 2018 kepada peneliiti yang akan mengajukan paten.

Penulisan drafting paten diselenggarakan di Jakarta dan diikuti oleh para peneliti dengan pendamping dari Kementerian Hukum dan HAM, serta anggota Sentra KI (12-14/09). Pada kesempatan ini ada 9 judul penelitian yang diusulkan untuk mendapatkan hak paten maupun hak cipta.(EM)