Kampanye Disiplin Pakai Masker Di Terminal Bogor

239

Kota Bogor – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengampanyekan gerakan disiplin pakai masker. Kampanye tersebut wujud ajakan pada masyarakat Indonesia untuk membiasakan diri disiplin mengenakan masker di masa pandemi agar terhindar dari paparan virus penyebab COVID-19.

Beberapa tempat yang disasar dalam kampanye ini adalah stasiun dan terminal, salah satunya di terminal Baranangsiang Kota Bogor pada hari Kamis (27/08/2020). Hadir mewakili Kemenkes, dari Direktorat Promosi Kesehatan dan Badan Litbangkes, juga di dukung Dinas Perhubungan Kota Bogor mebagi-bagikan masker secara gratis kepada penumpang, pengemudi, kenek bus, agen-agen perjalanan dan masyarakat di terminal Baranangsiang, Bogor.

Kampanye Disiplin Pakai Masker ini merupakan kampanye yang pertama dilakukan mulai 10 Agustus – 6 September 2020 menyusul kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) pada 7 September – 6 Oktober 2020. Sementara kampanye Jaga Jarak akan dimulai pada 7 Oktober – 6 November 2020.

Perilaku hidup sehat, khususnya mengenakan masker penting untuk mencegah penularan COVID-19, terutama ketika berada di kerumunan atau kondisi berdekatan seperti di pasar, transportasi umum, stasiun, dan tempat umum lainnya. Penggunaan masker bisa meghalau percikan air liur yang keluar ketika seseorang berbicara, mengehela napas, atau pun batuk dan bersin sehingga bisa mengurangi penyebaran virus. (AF)