Kabupaten Belitung Fokus pada Upaya Promotif Peventif dan Penguatan FKTP

295

Belitung – Saleh Daulay, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI menekankan pentingnya optimalisasi peran Puskesmas dalam penyelesaian masalah kesehatan di Kabupaten Belitung. “Kalau kita berharap pada rumah sakit umum daerah itu tidak mungkin.”, ujarnya pada Kunjungan Kerja Komisi IX DPR RI di Kabupaten Bangka Belitung, Provinsi Bangka Belitung (2/5).

Beberapa permasalahan kesehatan yang mengemuka dalam pembahasan antara lain stunting, kematian ibu dan bayi, realisasi rumah sehat, hipertensi, perilaku merokok, dan pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional.

Dalam kesempatan ini Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, Suhandri mengatakan bahwa dalam penyelesaian masalah kesehatan, peran serta masyarakat sangat penting. “Kedepan kita lebih fokus pada promosi dan preventif. Porsinya bukan pada kuratif dan rehabilitatif”, ujarnya.

Lebih lanjut Suhandri menjelaskan peran masyarakat dalam mengatasi penyebaran DBD dengan menerapkan program Satu Rumah Satu Kader Jumantik. Kader tersebut hanya melakukan pengawasan pada satu rumah dan lingkungannya saja dengan gerakan 3M; Menguras, Menutup dan Menimbun Plus Memanfaatkan Barang Bekas. Sejalan dengan yang dikatakan oleh Saleh Daulay, pemerintah setempat juga memiliki komitmen untuk memperkuat fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP).

Rangkaian kunjungan kerja berlanjut ke RSUD Marsidi Judono untuk melihat fasilitas pelayanan kesehatan di rumah sakit tipe C di Kabupaten Belitung. Para Anggota DPR RI Komisi IX menyempatkan berbincang dengan pasien dan pegawai rumah sakit. (DW/AF)