Jarlitbangkes, Membangun Kemitraan Litbang Kesehatan

431

Bekasi – Badan Litbang Kesehatan menyelenggarakan Pertemuan Jejaring Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Jarlitbangkes) di Bekasi (6-8/6/2018). Pertemuan ini mengusung tema “Kemitraan Litbang Dalam Upaya Meningkatkan Peran Pemangku Kepentingan Untuk Mendukung Poros Kebijakan Berbasis Fakta” dan dihadiri oleh lembaga penelitian kesehatan lainnya antara lain kementerian, perguruan tinggi dan rumah sakit.

Pada kesempatan ini Kepala Badan Litbang Kesehatan, Siswanto mengatakan pada pertemuan ini bisa merangkai simpul-simpul litbang menjadi lebih sinergi dalam konteks kebijakan berbasis bukti atau evidence based policy.

“Peran Badan Litbang Kesehatan adalah memberi overside terhadap riset-riset yang ada di tanah air. Bagaimana hasil penelitian menjadi keputusan. Mudah-mudahan poros kebijakan bisa menjadi knowledge broker.“, tambah Siswanto.

Dalam pertemuan ini Sekretaris Badan Litbang Kesehatan, Nana Mulyana menjelaskan masih rendahnya pemanfaatan hasil penelitian dan pengembangan kesehatan oleh pemerintah daerah. Menurut Nana perlu ada portal yang dilengkapi dengan data rutin sehigga mudah diakses oleh pengguna proaktif, baik unit Kementerian Kesehatan atau lembaga lain.

Pertemuan ini menghasilkan kesepakatan bersama untuk bersinergi antar lembaga penelitian, yang meliputi kemitraan baik penelitian bersama maupun berbagi informasi hasil penelitian yang dihasilkan.

Kepala Bagian Program dan Informasi Sekretariat Badan Litbang Kesehatan, Nirmala Ahmad Ma’ruf mengatakan bahwa dari pertemuan ini sebagai langkah awal untuk bersama membangun sistem kebijakan yang selanjutnya akan difokuskan pada penguatan poros kebijakan. (Dian/Erwin)