IPKM : Kunci Gambaran Pembangunan Kesehatan

526

Jakarta – Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) adalah indikator kunci untuk melihat pembangunan kesehatan sampai tingkat kabupaten/kota. Umur harapan hidup yang baik merupakan salah satu tolok ukur penilaian. Demikian dikatakan Vivi Setyawaty, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Upaya Kesehatan Masyarakat pada gelar wicara yang disiarkan Metro TV pada Selasa (23/7).

Badan Litbangkes telah menyusun tiga seri IPKM yaitu IPKM 2007, IPKM 2013 dan IPKM 2018. IPKM 2018 disusun berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, Survei Ekonomi Nasional (Susenas) Maret 2018 yang terintegrasi dengan Riskesdas 2018, dan Data Potensi Desa (Podes) 2018 dan proyeksi Kabupaten/Kota tahun 2018. Dari sumber data tersebut dilakukan analisis indikator dan formulasi indeks untuk menentukan peringkat provinsi, kabupaten/kota, serta monitoring keberhasilan pembangunan kesehatan.

Pada kesempatan ini Vivi mengungkapkan bahwa salah satu sub indeks yang perlu menjadi perhatian adalah penyakit tidak menular. Menurut Vivi perlu perhatian lebih pada hipertensi, diabetes melitus, obesitas, cedera, kesehatan gigi dan mulut, dan gangguan mental emosional.

Vivi juga menghimbau masyarakat untuk berperilaku hidup sehat dengan menerapkan program CERDIK, yaitu Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin Olahraga, Diet sehat dengan kalori seimbang, Istirahat cukup, dan Kelola stress. (em/dw/ripsi)