Idul Fitri 1439 H Momentum Refleksi Diri

192

Badan Litbang Kesehatan menggelar acara halal bihalal  di ruang Ars Longa Jumat (22/6/2018). Acara dihadiri Kepala Badan Litbang Kesehatan,  jajaran pejabat eselon 2, 3 dan 4 serta para staf di lingkungan Badan Litbang Kesehatan.

Sekretaris Badan Litbang Kesehatan, Dr. Nana Mulyana dalam sambutannya  mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H, serta memohon maaf atas segala kesalahan dan kekhilafan.  Nana Mulyana mengungkapkan saat ini adalah momentum yang sangat bagus bagi satuan kerja (satker) untuk bangkit, karena dengan adanya perubahan nomenklatur para Kepala Satker dituntut untuk lebih meningkatkan peran sebagai litbang miniatur.

Sementara itu Kepala Badan Litbangkes, dr. Siswanto, MHP, DTM dalam tausyiah-nya menyampaikan  dengan berakhirnya ibadah di bulan ramadhan maka kita harus melakukan refleksi  dalam diri kita. Menurut Siswanto, ada 3 indikator refleksi, yaitu perubahan pola pikir, perubahan pola sikap dan perubahan pola tindak.

Perubahan pola pikir artinya dengan melakukan ibadah puasa satu bulan penuh maka kita harus selalu berpikiri positif, jadikan masalah di Satker sebagai tantangan yang harus diselesaikan. Perubahan pola sikap artinya dalam kaitannya interaksi dengan sesama manusia kita jangan mudah untuk saling menyalahkan. Setelah itu semua dapat dilewati diharapkan kita bisa bertindak positif. Kita diberikan waktu 24 jam (dalam 1 hari) oleh Tuhan. Oleh karena itu kita harus mampu memanfaatkan waktu sebaik mungkin dan seefektif mungkin, kerjakanlah yang menjadi prioritas. “Teruslah produktif, terus belajar dan tingkatkan kompetensi”, pesan Siswanto di akhir tausyiah-nya.

Acara ditutup dengan bersalam-salaman antar  pejabat dan pegawai agar saling memaafkan hadir. (rian/ali)